IBL

Sue Bird akan kembali berpartisipasi dalam FIBA Women’s World. Tetapi tidak sebagai pemain. Melainkan sebagai duta global untuk FIBA Women’s World 2026.

“Bola basket putri berada pada momen yang sangat menarik. Tidak ada cara yang lebih baik selain sebagai duta untuk terus membantu mengembangkan permainan dalam perjalanan bola basket putri saat ini,” kata Sue Bird dilansir dari laman FIBA.

Legenda Seattle Storm itu menggantikan tugas Pau Gasol. Gasol sendiri menjadi duta global untuk FIBA Women’s World 2022 yang berlangsung di Sydney, Australia itu.

Sue Bird telah pensiun dari karier profesionalnya pada Juni 2022 lalu. Ia terakhir kali tampil di ajang internasional saat Amerika Serikat memenangkan Olimpiade Tokyo 2020.

Selama dua dekade kariernya, Sue Bird mengoleksi empat emas FIBA Women’s World. Masing-masing pada tahun 2002, 2010, 2014, dan 2018. Dalam ajang Olimpiade, lulusan University of Connecticut itu memenangkan lima medali emas (2004-2020).

Tugas baru Sue Bird nanti adalah untuk membantu mempromosikan dan mengambangkan bola basket putri, dan memberi inspirasi generasi berikutnya melalui event FIBA Women’s World.

“Mudah-mudahan saya bisa menjalankan peran sebagai duta global ini dan membawa perspektif kesetaraan dari sudut pandang pemain,” kata perempuan berusia 42 tahun itu.

FIBA Women’s World 2026 akan berlangsung di Berlin, Jerman. Event tersebut dijadwalkan pada 4-13 September 2026. Nantinya akan ada 16 tim, termasuk tuan rumah, yang lolos ke putaran final.

Jumlah itu kembali ke format 8 tahun sebelumnya. Pada FIBA Women’s World 2022 lalu hanya diikuti 12 tim. AS meraih gelar ke-11 setelah menumbangkan Cina di babak final. (rag)

Foto: FIBA

Komentar