IBL

Klay Thompson kini menyebut dirinya sebagai "Captain Klay", dalam promo sepatu barunya dari Anta, yaitu KT9. Diawali dari China, Thompson lalu menuju ke Filipina. Dalam promo sepatu barunya, Thompson ditemani oleh Kevon Looney, rekan setimnya di Golden State Warriors, yang juga duta merek Anta. 

Thompson dan Looney, keduanya juara NBA untuk Warriors, mendarat di Filipina pada hari Kamis untuk Anta Squad Asia Tour di hotel Peninsula, Manila, Filipina. "Ini pertama kalinya kami berada di Manila dan saya tidak sabar untuk melihat pemandangan, bertemu dengan beberapa atlet dan menikmati berada di sini," kata Thompson. "Senang sekali berada di tempat di mana bola basket adalah olahraga favorit penduduknya."

Kedatangan Thompson dan Looney menambah panjang daftar pemain-pemain NBA yang sekarang ada di Filipina. Tentunya sebagian besar dari mereka adalah pemain timnas Amerika Serikat, dan pemain-pemain lain yang membela negaranya di Piala Dunia FIBA 2023. Thompson dijadwalkan bertemu Steve Kerr, yang sekarang bertugas sebagai kepala pelatih timnas Amerika Serikat. 

Ada cerita menarik seputar produk ini. Anta menyebut dirinya sebagai "pelopor perlengkapan olahraga dari China", dan pernyataan tersebut memang benar adanya. Perkembangannya dimulai sejak Olimpiade Beijing 2008, dan kini perusahaan pakaian olahraga tersebut menjadi yang terbesar keempat di dunia. Anta meraup 3,2 miliar dolar Amerika pada tahun 2020 dan telah menyerap pendapatan seperti FILA, Wilson Sporting Goods, dan Louisville Slugger dalam beberapa tahun terakhir. 

Di negara asalnya, Anta dengan cepat berhasil mengalahkan Nike dan Adidas. Dampak terbaru terjadi akibat boikot terhadap merek-merek Barat pada bulan Maret 2021. Kabarnya boikot tersebut karena banyak produk Barat menggunakan kapas yang diduga diambil melalui kerja paksa kaum minoritas, menurut Wall Street Journal. Boikot tersebut menyebabkan penjualan Adidas dan Puma pada kuartal ketiga turun 15 persen dan Nike turun 20 persen di Asia. Sementara itu, Anta mengalami peningkatan pendapatan sebesar 56 persen pada semester pertama tahun 2023. 

Namun perlu diingat, Anta meraup keuntungan besar di pasar Asia. Perusahaan tersebut membangung laboratorium desain di Santa Barbara, Amerika Serikat, dengan tujuan meningkatkan pendapatannya di Amerika Serikat, menurut Nice Kicks pada tahun 2017. Tetapi strategi ini tidak berhasil. Anta masih tidak mampu menyaingi Nike dan Adidas di Amerika Serikat.

Anta akhirnya sadar bahwa pasar mereka adalah Asia bukan Amerika Serikat. Sangat logis bagi Anta untuk menancapkan dominasi di pasar Asia. Sean Williams dari Obsessive Sneaker Disorder, pernah mengatakan, "Fokus merek Anta adalah membuat orang Asia tertarik untuk membeli sepatu tersebut. Mereka seharusnya tidak peduli dengan pasar Amerika Serikat, karena sejatinya jumlah penduduk Asia lebih besar dibanding Amerika Serikat," katanya. 

Akhirnya kita semua tahu bahwa Anta memang fokus pada pasar Asia. Bulan ini mereka rela mengeluarkan uang yang besar agar Jordan Clarkson memakai Anta saat berlaga di Piala Dunia FIBA 2023 bersama timnas Filipina. Tak hanya itu, Klay Thompson dan Kevon Looney sengaja didatangkan untuk melakukan promo keliling Asia. (*)

Foto: Instagram Anta Sports

Komentar