IBL

Popularitas Nike naik setelah mereka menggandeng Michael Jordan. Sejak saat itu, mayoritas pemain basket ingin mengikuti jejaknya. Namun tidak demikian dengan Klay Thompson. Bintang Golden State Warriors ingin membangun warisannya sendiri dengan merek asal China, ANTA. Tetapi kini Kyrie Irving datang sebagai duta baru yang diprediksi bakal menggoyang dominasi Thompson. Nyatanya hal tersebut tidak terbukti, karena Thompson dan Anta malah meluncurkan sepatu baru bernama KT 9.

Pada tahun 2017, Thompson menandatangani kesepakatan sepuluh tahun senilai 80 juta dolar Amerika dengan perusahaan China tersebut. Dalam postingan Instagram-nya, Thompson mengungkap sepatu khas (signature shoes) yang baru dari perusahaan tersebut, diberi nama KT 9. Thompson berpakaian layaknya seorang kapal, Thompson memberi hormat dan meluncurkan sepatu tersebut saat ia sedang berkeliling China. Gaya ini berasal dari kecintaannya pada wisata perahu, sebuah hobi yang ia pelajari saat berada di Bay Area.

Thompson menjadi wajah merek tersebut sekitar enam tahun lalu dan ingin membangun warisan eksklusif ANTA-nya. Dia tidak menandatangani kontrak dengan Nike untuk menyelesaikan kesepakatan, yang menunjukkan keinginannya untuk menjadi wajah merek tersebut (face of the brand). Namun baru-baru ini, Nike mencoret Irving karena dugaan pesan antisemit-nya, merek ini menawarinya kesepakatan menarik. Dan, ahli dribbling tersebut tidak dapat menolak tawaran ANTA, mengingat dia dapat melanjutkan perjalanan sepatu khasnya setelah absen selama delapan bulan. 

Kyrie Irving dan lini sepatu Nike-nya laris manis di pasaran. Namun, kemitraannya dengan perusahaan berakhir dengan keadaan yang tidak menguntungkan. Kemudian dia mengambil langkah besar dengan menandatangani kontrak dengan ANTA. Hal ini diprediksi bisa berpengaruh pada pasar sepatu Thompson. Apalagi, belakangan banyak pemain yang pindah ke Anta. Sebut saja Gordon Hayward, Terrance Mann, Kevon Looney, James Wiseman, Precious Achiuwa, dan Alex Caruso.

Pada tahun 2022, ANTA membukukan pendapatan 7,8 miliar dolar Amerika, dan bahkan melampaui pendapatan Nike dan Adidas. Dengan jumlah penduduk sebesar 1,41 miliar jiwa, pasar China merupakan pasar yang menarik dan dinamis, oleh karena itu angka tersebut bukanlah sebuah kejutan. Dengan kehadiran Irving, ANTA bakal mengancam pasar Nike dan Adidas tahun depan. (*)

Foto: Instagram Klay Thompson

Komentar