IBL

Delapan kali NBA All-Star Kyrie Irving berstatus "free agent" untuk duta sepatu, setelah Nike memutus kontraknya. Bulan Mei 2023, Irving dikabarkan sedang menjajaki kesepakatan dengan Anta, Puma, dan adidas. Belum jelas, dan belum ada pengumuman resmi mengenai hasil ini. Namun Irving terlihat memakai sepatu basket Anta Shock Wave Pro 5 saat latihan. 

Menurut laporan Brandon "Scoop B" Robinson, Anta menunjukkan minat untuk mengontrak Irving setelah tidak bersama Nike. Perusahaan asal Tiongkok inilah yang punya minat paling besar dibanding adidas dan Puma. "Saya akan segera menandatangani kesepakatan sepatu baru saya," kata Kyrie Irving di Instagram Live pada bulan Mei 2023. "Aku bahkan tidak akan menyebutnya kesepakatan sepatu. Saya sangat senang tentang itu."

Foto: sportsmanor.com

Masalahnya, Irving ibarat menjilat ludah sendiri, ketika bergabung dengan Anta. Selama dua tahun terakhir, Irving secara terbuka menggunakan platform daringnya sebagai pembela kebebasan pribadi yang berpikiran bebas dan pemberani. Keputusan Irving untuk mewakili Anta tampaknya membatalkan misi dan perjuangannya untuk membela hak asasi manusia.

Dilaporkan outkick.com, tautan bisnis NBA dan merek-merek China telah menjadi perdebatan selama bertahun-tahun. Ikatan Anta dengan Partai Komunis China juga terlihat jelas. Pada tahun 2021, sebuah laporan Forbes mengungkapkan bahwa Anta menyumbangkan saham senilai hampir 1,2 miliar dolar Amerika Serikat kepada Partai Komunis Tiongkok.

Anta, yang diakui sebagai raksasa olahraga di China, mengontrak pemain Golden State Warriors Klay Thompson dengan kontrak besar selama 10 tahun senilai 80 juta dolar Amerika. Selain Thompson, duta Anta di NBA antara lain Gordon Hayward, Taurean Prince, Daniel Gafford, Max Strus, Bruce Brown, Jacob Evans, Kevon Looney, Terance Mann, Alex Caruso, Rajon Rondo, E'Twaun Moore, Hamidou Diallo, James Wiseman, Saben Lee, Precious Achiuwa, dan Trevon Scott. Di NBA musim 2022-2023, Anta menduduki peringkat ke tujuh sebagai merek sepatu pilihan pemain. Mereka kini mengalahkan merek Tiongkok pendahulunya, yaitu Li-Ning. (*)

Foto: Nets Daily

Komentar