IBL

Pelari Noah Lyles tiba-tiba jadi bahan pembicaraan di kalangan pemain NBA. Pasalnya, Lyles menyebut bahwa memenangkan gelar juara NBA tidak sama dengan juara dunia. Kritikan tersebut disampaikan dalam konferensi pers di kejuaraan dunia atletik di Budapest, Hongaria. Tak ayal komentar tersebut menuai reaksi dari pemain-pemain NBA. 

Menurut Chuck Schilken dari Los Angeles Times, Lyles mencoba untuk mengeluarkan semua keresahannya terkait olahraga atletik. Selama ini dia tidak pernah mendapatkan pengakuan dari orang Amerika Serikat. Meski dirinya sudah memenangkan juara dunia ketiga berturut-turut di nomor lari 200 meter, serta selain medali emas di nomor 100 dan 4x100 estafet tahun ini. 

"Anda tahu, hal yang paling menyakitkan bagi saya adalah saya harus menonton Final NBA dan mereka memikirkan 'juara dunia'. Juara dunia dalam hal apa? Amerika Serikat? Jangan salah paham. Saya suka Amerika, tapi itu bukanlah dunianya. Itu bukan dunia. Kami adalah juara dunia. Hampir setiap negara di sini berjuang, berkembang, mengibarkan benderanya untuk menunjukkan bahwa mereka terwakili. Tidak ada bendera di NBA. Kami harus berbuat lebih banyak. Kami harus diperkenalkan kepada dunia," katanya dalam konferensi tersebut. 

Menurut Lyles, sebuah tim yang memenangkan kejuaraan NBA yang sebagian besar atau seluruhnya berbasis di Amerika Serikat, secara teknis bukanlah juara dunia, meskipun di negara ini sering disebut demikian. Banyak orang yang menyatakan hal yang sama selama bertahun-tahun. Tentu saja, Denver Nuggets bisa saja menjadi tim terbaik di dunia, namun mereka tidak benar-benar memainkan kompetisi internasional apa pun. 

Komentar Lyles ini menimbulkan reaksi, terutama pemain-pemain NBA. Kevin Durant, Damian Lillard, Draymond Green, Bam Adebayo, Devin Booker, Aaron Gordon, Tyus Jones, Juan Toscano-Anderson, Udonis Haslem, menanggapi unggahan ESPN yang menampilkan komentar Lyles di media sosial. Tentu saja, para pemain itu tidak senang dengan komentar Lyles. 

Kevin Durant menulis, "Seseorang bantu saudara ini". Sementara Juan Toscano-Anderson menyebut bahwa, "Terakhir kali saya memeriksanya, NBA adalah kompetisi terbaik di DUNIA."

Sebaliknya, komentar Lyles mendapatkan dukungan dari rekan-rekannya sesama atlet atletik. Pelari gawang Amerika Serikat Rai Benjamin menulis dua unggahan di Twitter untuk membandingkan nama liga bola basket, yang berisi kata “nasional”, dan nama liga bola basket. track event, yang menampilkan kata “dunia”.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dari pihak NBA. Begitu juga dengan USA Track and Field, yang tidak segera menanggapi komentar dari Lyles. (*)

Foto: CNN

Komentar