IBL

Rata-rata bintang-bintang NBA menentang pernyataan atlet atletik Amerika Serikat Noah Lyles, tentang penyebutan "juara dunia" untuk juara NBA. Lyles diserang di media sosial oleh sejumlah pemain seperti Kevin Durant, Damian Lillard, dan Devin Booker. Tetapi ada satu bintang NBA yang mendukung Noah Lyles, yaitu Giannis Antetokounmpo. 

Komentar Lyles muncul setelah meraih medali emas di Kejuaraan Atletik Dunia 2023. Dia mempertanyakan mengapa pemenang liga olahraga, termasuk NBA, yang hampir seluruhnya berbasis di Amerika Serikat disebut sebagai "juara dunia". Komentar tersebut mendapatkan reaksi keras. 

Dikutip dari TMZ Sports, baru-baru ini, Lyles menjawab semua komentar pedas yang dilontarkan padanya. "Pada akhirnya, ini berbicara tentang bagaimana saya melihat apa yang kami lakukan terhadap kejuaraan nasional. Saya hanya menginginkan perlakuan yang sama untuk juara-juara di cabang olahraga lain. Pada dasarnya, kami adalah olahraga yang menghasilkan medali terbanyak setiap tahunnya. Tetapi tidak ada yang tahu karena mereka tidak memperhatikan kami," keluh Lyles. 

Menariknya, di tengah perdebatan ini, bintang utama Milwaukee Bucks, Giannis Antetokounmpo justru ada di pihak Lyles. Dalam podcast "48 Minutes", Giannis menjelaskan bagaimana situasi ini juga terjadi di sepak bola. "Saya sangat ingin mendukungnya (Noah Lyles). Dia menerima begitu banyak reaksi keras," kata Giannis. 

"Anda tahu, ada sebuah liga sepak bola yang jauh lebih populer dari NBA, tidak pernah menyebutkan juara dunia. UEFA Champhions League, mereka tidak menyebut juaranya sebagai juara dunia. Padahal mereka juga punya pemain dari seluruh dunia, namun tim-timnya berasal dari Eropa. Tetapi ketika bermain di Piala Dunia FIFA, mereka baru bisa disebut sebagai juara dunia. Dalam hal ini adalah ketika tim nasionalnya yang bermain," jelas pemain asal Yunani tersebut. 

Begitu juga dengan klub. Menurut Giannis, meski tidak ada tim yang mengalahkan Denver Nuggets untuk saat ini, namun mereka tidak boleh menyebut juara dunia. "Kita harus menghormatinya. Akan lebih bijak kalau para juara menyebutkan liga atau negaranya, misal dengan berkata, ya saya juara NBA, saya juara VTB, saya juara EuroLeague, saya juara Yunani, saya juara Spanyol, dan seterusnya," jelas adik Thanasis Antetokounmpo. 

NBA menampilkan pemain terbaik di dunia, termasuk bintang internasional seperti Giannis Antetokounmpo, Nikola Jokic, Luka Doncic. Pemenang Final NBA dipandang sebagai tim bola basket terbaik di dunia. Tapi di sisi lain, di bola basket tidak seperti Liga Champions Eropa, di mana tim juara dari setiap liga negara-negara Eropa bertemu dalam satu turnamen. (*)

Foto: nba.com

Komentar