IBL

Atlet atletik Amerika Serikat membuat heboh lewat pernyataannya pada bulan Agustus 2023. Dalam sebuah wawancara dia mengkritik sebutan "juara dunia" untuk juara NBA. Pernyataan tersebut sempat menimbulkan perdebatan, dan reaksi keras dari bintang-bintang NBA. Akhirnya Presiden Asosiasi Pemain NBA (NBPA) CJ McCollum berusaha menghentikan perdebatan tersebut. 

"Saya menonton Final NBA, dan mereka membicarakan soal juara dunia. Juara dunia dalam hal apa?" kata Noah Lyles. "Jangan salah sangka, kalian adalah tim Amerika Serikat. Sementara kami ini yang berjuang di dunia. Berusaha mengibarkan bendera negara kami. Ingat, tidak ada bendera negara yang dikibarkan di NBA."

Banyak nama besar bola basket, seperti Kevin Durant dan Devin Booker, dengan cepat melawan sentimen tersebut. Sementara pemain Utah Jazz Juan Toscano-Anderson menegaskan bahwa NBA adalah kompetisi terbaik di dunia. Sehingga pantas juaranya disebut sebagai "juara dunia". 

Setelah perdebatan mereda, akhirnya CJ McCollum turun tangan. Dia ingin menyelesaikan semua perdebatan tersebut, dalam sebuah wawancara dengan Fox News Digital. Presiden Asosiasi Pemain NBA (NBPA) tersebut melihatnya dari dua sisi. Bahkan, McCollum juga menasihati Juan Toscano-Anderson. 

"Olimpiade jelas merupakan 'kejuaraan dunia'. 100 persen. Karena itu merupakan kompetisi yang diikuti setiap negara," tegas McCollum.

Namun McCollum mencoba menjelaskan situasi yang terjadi di NBA. Di mana semua pemain basket terbaik dunia berkumpul di liga ini. NBA punya pemain dari seluruh penjuru dunia. Sehingga wajar kalau juara kompetisi ini dikatakan sebagai "juara dunia". 

"Saya pikir (sebutan) ‘juara dunia’ itu menarik, tapi jika Anda benar-benar memikirkan olahraga kami, kami punya pemain dari mana saja," kata McCollum. "Kami punya pemain yang mewakili banyak negara berbeda, jadi menurut saya premisnya adalah kami punya, secara kolektif, pemain bola basket terbaik di dunia yang bermain dari seluruh penjuru untuk mewakili tim mereka di Amerika Serikat, dan itulah mengapa mereka memanggil ini kejuaraan dunia, karena ini adalah pemain terbaik di dunia."

Lantas soal liga terbaik, CJ McCollum mencoba bijaksana. NBA sama sekali berbeda dengan liga-liga lainnya di dunia. Terlebih soal aturan permainan. Jadi menurut McCollum, sebutan liga terbaik bisa saja disematkan kalau semua liga di dunia memakai aturan permainan yang sama atau seragam. Sehingga tidak perlu NBA dikatakan lebih baik dari liga lainnya di dunia. Karena semua punya kelebihan dan kelemahan masing-masing. (*)

Foto: Blazers Edge

Komentar