IBL

Jayson Tatum dan Jaylen Brown merupakan salah satu duo terbaik di liga saat ini. Boston Celtics tidak akan memiliki duo tersebut seandainya Danny Ainge salah mengambil langkah. Saat menjabat sebagai Presiden Operasi Bola Basket Celtics, Ainge nyaris memberikan draft pick demi mendapatkan Jimmy Butler dari Chicago Bulls.

Ainge mengungkapkan kisah tersebut dalam salah satu episode podcast Knuckleheads. Saat itu ia ingin mendatangkan Butler. Celtics siap menukar dengan draft pick masa depan. Namun, Bulls memberikan syarat yang lebih tinggi.

“Beberapa pertukaran terbaik yang pernah saya lakukan adalah yang tidak dapat saya lakukan. Seperti saya mencoba mendapatkan Jimmy Butler dari Chicago saat saya berada di Boston. Tetapi mereka (Bulls) menginginkan lebih banyak,” kata Ainge.

“Jadi, kami tidak melakukan pertukaran itu. Karena pada akhirnya draft pick tersebut kami gunakan untuk mendapatkan Jaylen dan Jayson,” kata pria yang mendapat julukan Danny Trader tersebut.

Celtics mendapatkan Brown sebagai pilihan ketiga NBA Draft 2016. Beberapa pekan lalu Brown resmi mendapatkan kontrak super maksimal dan tertinggi dalam sejarah NBA. Kontrak lima tahun itu memiliki nilai AS$304 juta. Melebihi nilai kontrak Nikola Jokic musim lalu AS$276 juta.

Setahun kemudian atau pada 2017, Celtics merekrut Tatum sebagai pilihan ketiga NBA Draft. Musim mendatang Tatum juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan kontrak super maksimal dengan Celtics.

Sedangkan Butler pada saat itu memulai karier bersama Bulls (2011-2017). Butler masuk dalam jajaran All-Defensive Second Team pada 2014. Musim berikutnya ia menjadi Most Improved Player dan masuk All-Star pertamanya.

Para pemain-pemain tersebut bentrok di final Wilayah Timur musim lalu. Jimmy bersama Miami Heat menghabisi Celtics dalam tujuh gim.

“Saya menyukai Jimmy dan mencoba untuk mendapatkannya. Kami terlambat mendapatkan Jimmy tapi saya tetap menyukainya setelah itu. Saat ini dia telah membuktikan bahwa dia adalah pemain yang hebat. Itu mungkin salah satunya,” lanjut Ainge.

Ainge mengawali karier eksekutif di Celtics sejak 2003. Pada Juni 2021 lalu Ainge pensiun dan menyerahkan posisi sebagai Presiden Operasi Bola Basket Celtics kepada Brad Stevens. Ainge kemudian berlabuh ke Utah Jazz pada Desember 2021. (rag)

Foto: NBA

Komentar