IBL

Bam Adebayo menatap musim 2023-2024 dengan optimis. Pemain Miami Heat itu menetapkan target individu dengan menjadi Defensive Player of the Year (DPOY) atau pemain bertahan terbaik.

Dalam salah satu episode Playmaker,Adebayo menegaskan bahwa sosok pemain bertahan menjadi bagian yang tidak bisa diremehkan dalam sebuah permainan. Namun, sisi tersebut sering luput dari perhatian.

“Semua orang selalu tertuju berapa banyak poin yang seorang pemain cetak dalam satu pertandingan. Dan mereka melupakan ada sisi lain di lapangan karena ini bisnis hiburan. Bagi saya ini adalah tujuan, gairah, mentalitas itu. Saya ingin menjadi pemain bertahan terbaik tahun ini,” ujar Adebayo dalam salah satu episode Playmaker.

Adebayo memiliki kriteria untuk menjadi Pemain Bertahan Terbaik. Ia merupakan pemain bertahan serba bisa dan atletis. Pemain dengan nama lengkap Edrice Demi Adebayo itu masuk dua kali All-Star dan empat kali menjadi All-Defensive Second Team.

Dalam pemilihan Pemain Bertahan Terbaik, Adebayo masuk lima besar dalam lima musim terakhir. Tahun lalu ia berada di posisi keempat. Ia belum pernah masuk sebagai finalis.

Musim lalu gelar Pemain Bertahan Terbaik diraih oleh Jaren Jackson Jr. (Memphis Grizzlies). Disusul Brook Lopez (Milwaukee Bucks) dan Evan Mobley (Cleveland Cavaliers). Pada tiga musim sebelumnya gelar itu diraih oleh Marcus Smart, Rudy Gobert, dan Giannis Antetokounmpo.

Dalam penilaian dari Bleacher Reports menjelaskan hal yang membuat Adebayo sulit menjadi Pemain Bertahan Terbaik adalah rendahnya statistik blok. Adebayo memiliki rata-rata blok 0,9 per gim. Disisi lain ia memiliki rerata 1,1 steal per gim selama empat musim beruntun.

Sebagai perbandingan, Jackson memiliki rata-rata 3 blok per gim musim lalu. Gobert yang meraih gelar itu tiga kali memiliki rata-rata 2,1 blok per gim. Lalu Giannis dengan 1 blok per gim dan Draymond Green dengan 1,4 blok per gim.

Pada musim 2023-2024 nanti setidaknya pemain harus bermain 65 gim musim reguler untuk bisa meraih penghargaan individu. Sejauh ini Adebayo memainkan 65 atau tiga gim lebih banyak dalam kariernya sejak 2017. Ini adalah tantangan yang harus Adebayo hadapi untuk mencapai ambisinya. (rag)

Foto: Marca

Komentar