IBL

Pekan lalu, sebuah berita menyebut bahwa pemain Boston Celtics Kristaps Porzingis kemungkinan akan melewatkan Piala Dunia FIBA 2023 karena cedera kaki. Tetapi timnas Latvia dengan cepat dan tegas membantah laporan tersebut, mengatakan Porzingis berencana untuk bermain. Kabar terbaru adalah Porzingis sendiri yang mengumumkan lewat media sosial bahwa dirinya tidak akan bermain di Piala Dunia FIBA 2023. 

Kristaps Porzingis tidak akan bermain untuk Latvia di Piala Dunia FIBA ​​​​karena cedera plantar fasciitis. Porzingis mengumumkan di X, platform media sosial yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, bahwa dia membuat keputusan setelah MRI. Sebelum mengambil keputusan untuk absen dari Piala Dunia FIBA 2023, Porzingis juga berkonsultasi dengan staf kepelatihan dan medis Celtics, serta timnas Latvia tentang masalah kakinya. 

"Setelah beberapa minggu pemulihan dan pemeriksaan MRI berulang, plantar fasciitis kaki saya masih menghalangi saya untuk berada di lapangan dengan kesiapan penuh. Keputusan bersama ini dibuat oleh staf medis dan staf pelatih tim nasional, serta tim Celtics... Keputusan seperti itu tidak mudah dibuat, tetapi saya berjanji akan berada di sana dan mendukung tim sebaik mungkin. sebanyak yang saya bisa," tulis Porzingis dalam bahasa Latvia.

Kehilangan pemain terbaiknya merupakan kemunduran besar bagi tim Latvia, yang sudah berada di grup yang sulit bersama Prancis, Kanada, dan Lebanon. Beban sekarang berada di pundak Davis Bertans.

Sementara itu, kabar soal cedera Porzingis patut menjadi perhatian Celtics. Mereka rela berkorban untuk Porzingis, dan memberinya perpanjangan kontrak dua tahun senilai 60 juta dolar Amerika Serikat. Alasannya, Porzingis mampu mencetak rata-rata 23,2 poin per gim, terbaik dalam kariernya, dengan 8,4 rebound dan 1,5 blok. Porzingis bermain dalam 65 pertandingan dan pada dasarnya sehat. Celtics berencana menempatkan Porzingis di samping Jayson Tatum dan Jaylen Brown agar lebih kompetitif. 

Masalahnya Porzingis memiliki riwayat cedera yang panjang, dan plantar fasciitis adalah jenis cedera yang dapat bertahan lama. Jadi Celtics membuat pertaruhan besar, ketika mereka merekrut Porzingis. Dengan tidak tampilnya Porzingis di Piala Dunia FIBA 2023, maka Celtics bisa memantau perkembangan pemulihan cederanya lebih intensif. Sehingga Porzingis bisa tampil prima di NBA musim depan. (*)

Foto: Drafkings Nation

Komentar