IBL

Gregg Popovich tidak bertele-tele mengungkap alasannya belum pensiun. Ia baru saja memperpanjang kontrak 5 tahun dengan San Antonio Spurs pada usianya yang menginjak 74 tahun. Bukan (hanya) karena Victor Wembanyama. Tapi karena uang.

“Uang, uang, dan uang. Saya membeli mobil, pakaian, lihat saya, rumah, saya memilikinya. Saya pikir itu hanya sifat alamiah. Sebagian besar diantara kita yang Anda wawancarai dan ajak bicara hari ini memiliki hal yang sama. Persaingan ini sangat mendebarkan,” ujarnya menjelang pelantikan Basketball Hall of Fame pada Jumat (11/8) waktu setempat.

Ya, Pop (sapaan akrab Gregg Popovich) memang memiliki guyonan khas yang unik. Itu adalah jawaban Pop saat ditanya kenapa ia tak kunjung pensiun. Dan jawaban tersebut sukses memecah tawa awak media. Jawaban yang realistis.

Pelatih yang membawa Spurs meraih gelar lima kali itu menambahkan bahwa ia juga sangat menikmati profesinya. Bahkan saat hampir tiga dekade menjadi pelatih Spurs. Pop menemukan makna tersendiri menjadi seorang pelatih.

“Melatih adalah hal yang menyenangkan. Dalam arti Anda bisa melihat orang-orang bertumbuh. Tidak hanya dari minggu ke minggu tetapi dari tahun ke tahun Anda menyaksikan pertumbuhan itu di luar lapangan. Seiring waktu orang-orang itu menjadi teman Anda,” kata tiga kali peraih Coach of The Year itu.

Tidak diragukan lagi dedikasi Pop dan hasil dari kiprahnya itu. Pada Sabtu (12/8) lalu, dia dilantik di Naismith Basketball Hall of Fame 2023 bersama dengan mantan anak didiknya yaitu Tony Parker, Becky Hammon, dan Pau Gasol. Bahkan anak didiknya ada yang sudah lebih dulu masuk Hall of Fame yaitu Tim Duncan, David Robinson, dan Manu Ginobili.

Pop akan mengambil kesempatan sekali lagi memulai era baru Spurs setelah kedatangan Wemby. Entah takdir atau bukan, Spurs mendapatkan hak pertama pada NBA Draft 2023 lalu. Mereka tidak menyia-nyiakan kesempatan membawa Wemby ke San Antonio, Texas.

Beberapa pekan setelah itu, Pop menyetujui perpanjangan kontrak 5 tahun dengan nilai lebih dari AS$80 juta. Saat kontrak tersebut terakhir pada 2027-2028 nanti, Pop akan berusia 79 tahun. Semakin memperpanjang rekornya sebagai pelatih tertua NBA. (rag)

Foto: San Antonio Express

Komentar