IBL

Jamal Murray dikabarkan batal masuk roster timnas Kanada di FIBA World Cup 2023. Nama pemain Denver Nuggets itu tidak masuk dalam rangkaian uji coba timnas Kanada. Termasuk saat uji coba melawan Jerman pada Rabu (9/8) di Berlin.

Kanada mengikuti turnamen pemanasan di Jerman dan Spanyol pada bulan ini. Usai kalah 81-86 dari Jerman itu, Kanada akan melawan Selandia Baru, Jerman/Cina, Spanyol, dan Republik Dominika. Timnas Kanada dijadwalkan tiba di Jakarta pada 20 Agustus mendatang.

Dalam lawatannya ke Eropa tersebut, Kanada membawa 13 pemain. Mereka adalah Kyle Alexander, Nickeil Alexander-Walker, R.J. Barrett, Trae Bell-Haynes, Dillons Brooks, Luguentz Dort, Zach Edey, Melvin Ejim, Shai Gilgeous-Alexander, Kelly Olynyk, Dwight Powell, Phil Scrubb, dan Thomas Scrubb.

Baca juga: Segera Tiba di Jakarta, Apa Saja Permintaan Peserta FIBA World Cup 2023?

Adapun lima pemain yang tercoret daftar sebelumnya. Selain Jamal Murray yang tidak ada dalam daftar, Oshae Brissett juga tidak ikut serta. Ia mengalami cedera. Lalu mantan kapten tim Cory Joseph, Kevin Pangos, dan Kassius Robertson yang tercoret dari daftar.

Kanada memang belum resmi mencoret nama Murray. Mereka masih berharap ketersediaan Murray bergabung dengan timnas. Sebelumnya Kanada memanggil 18 pemain dalam extended roster FIBA World Cup 2023. Nantinya ada 12 pemain yang masuk skuad resmi. Roster memang masih bisa berubah hingga manajer meeting menjelang turnamen.

“Jamal Murray tidak ikut dalam pertandingan eksibisi. Dia akan berfokus pada pemulihan di jeda musim. Keputusan tentang statusnya di FIBA World Cup 2023 akan diumumkan pada kemudian hari,” tulis keterangan resmi Federasi Bola Basket Kanada.

Murray terakhir kali membela Kanada pada Pan Americas Game 2015 lalu. Dalam turnamen itu Murray masih berusia 18 tahun. Murray tampil dalam 5 gim dengan rata-rata 16 poin, 3,2 rebound, dan 2,4 asis.

Murray memang tampil habis-habisan musim lalu. Ia menjadi salah satu pemain kunci yang membawa Nuggets meraih gelar pertama. Tidak heran jika ia memang perlu waktu untuk istirahat. Apalagi Murray juga sempat mengalami cedera pada babak playoff.

Baca juga: Tidak Masuk Roster Kanada di FIBA World Cup 2023, Kemanakah Andrew Wiggins?

Dalam FIBA World Cup 2023, Kanada tergabung di grup H. Dengan skuad yang mereka bawa itu, Kanada diprediksi menjadi lawan yang tangguh. Mereka bersaing dengan Prancis, Latvia, dan Lebanon. Lalu di grup G ada Spanyol, Brazil, Pantai Gading, dan Iran.

Pertandingan pertama akan berlangsung pada 25 Agustus mendatang di Indonesia Arena, Jakarta, Kanada berhadapan dengan Prancis. Sebagai informasi, tiket gim Prancis vs Kanada tersebut sudah terjual habis. (rag)

Foto: People

Komentar