IBL

Sungguh malang nasib para pemain Denver Nuggets. Karena mereka tidak bisa membawa pulang trofi Larry O'Brien ke kampung halamannya. Kebijakan ini datang dari pemilik klub Nuggets, setelah kabar tentang Jamal Murray viral di media sosial. 

Lazimnya seorang bintang utama klub, beberapa pemain diizinkan membawa pulang Larry O'Brien pulang ke kampung halamannya. Seperti yang pernah dilakukan oleh Giannis Antetokounmpo, setelah mengantarkan Milwaukee Bucks juara NBA 2021. Dia membawa Larry O'Brien ke Yunani, dan foto bersama sanak famili di tempat-tempat bersejarah negara tersebut. 

Tetapi kali ini, Jamal Murray harus gigit jari. Denver Nuggets dilaporkan menolak memberi izin kepada Murray untuk membawa Larry O'Brien ke Kanada. Padahal, Murray berencana mengikuti jejak para pemain Kanada sebelumnya yang membawa trofi tersebut ke kampung halamannya. Mereka adalah Cory Joseph, Tristan Thompson, dan Andrew Wiggins. 

Izin serupa diajukan Murray kepada manajemen Nuggets di awal bulan September 2023. Tetapi dia tidak mendapatkan izin. Sampai akhirnya berita ini keluar di media, dan pihak Nuggets memberikan jawaban melalui Nick O'Hayre selaku Direktur Hubungan Media. "Sejak kami menjuarai liga, pemilik klub mengunci piala tersebut, dan tidak ada pemain atau staf yang diizinkan membawanya ke mana pun. Pemain tidak bola mengambilnya dan membawanya ke luar, seperti sebelumnya," kata O'Hayre. 

Intinya, setelah parade juara Nuggets bulan Juni 2023, trofi Larry O'Brien tidak keluar dari lemari penyimpanan klub. Ini pendekatan yang menarik untuk menjaga trofi yang paling dicari pemain basket dari seluruh dunia. Nuggets tampaknya ingin memulai tradisi baru setelah memenangkan gelar juara. Mereka ingin agar trofi tersebut tetap berada di lemari hingga beberapa musim mendatang. 

Bicara soal Nuggets, banyak yang sudah meragukan kemampuan mereka mempertahankan trofi juara musim depan. Namun, masih terlalu dini untuk membuat prediksi apa pun karena musim NBA 2023-2024 belum dimulai. Faktanya, para pemain Nuggets akan menerima cincin juaranya akhir tahun ini. Bagaimanapun, Mike Malone dan para pemainnya sudah dipandang sebagai tim yang tidak diunggulkan untuk mempertahankan gelar juara mereka. Tetapi Nikola Jokic dan kawan-kawan tampaknya belum puas dengan hanya satu cincin juara. (*)

Foto: Basket USA

Komentar