IBL

Artikel ini muncul setelah LeBron James mengunggah pernyataan di Instagram Stories. Isinya, LeBron menanyakan, "Siapa pemain tertua di NBA sekarang?" Ternyata setelah ditelusuri, dari daftar pemain aktif di NBA, LeBron bukan yang tertua. Dia hanya di urutan kedua dalam daftar pemain aktif tertua di NBA. 

Dimulai dari pemain-pemain yang sudah memasuki usia 38 tahun. Taj Gibson, musim lalu bermain untuk Washington Wizards, dengan kontrak satu tahun. Gibson memang belum punya klub, namun dia belum mengumumkan pensiun. Sehingga statusnya sebagai pemain "free agent" bisa dikatakan sebagai pemain aktif. 

Posisi keempat ada Chris Paul, yang kini juga berusia 38 tahun. Pemain yang lahir 6 Mei 1985 tersebut masih aktif, dan akan bermain untuk Golden State Warriors di musim depan. CP3 masih punya kontrak sampai musim 2024-2025, tetapi tidak mendapatkan jaminan perpanjangan dari Warriors. Sehingga Paul akan menjadi pemain "free agent" di tahun 2025. 

Pemain lain yang berusia 38 tahun berikutnya adalah PJ Tucker. Dia akan menjalani tahun kedua dari perpanjangan kontrak tiga tahun senilai 33 juta dolar Amerika pada tahun 2022 dengan Philadelphia 76ers. Tucker akan aktif sampai tahun 2025. Tucker dan CP3 hanya beda satu hari saja. Kalau CP3 lahir 6 Mei 1985, Tucker lahir pada tanggal 5 Mei 1985. 

Pemain tertua yang masih aktif di NBA untuk urutan kedua adalah LeBron James. Dia lahir tanggal 30 Desember 1984, dan masih punya kontrak sampai tahun 2025. LeBron punya opsi pemain pada musim 2024-2025. Dia masih punya gaji di atas 45 juta dolar Amerika per musim. Tapi kalau LeBron mengaku sebagai pemain tertua di NBA sekarang, tentu belum bisa. Karena masih ada pemain yang lebih tua dari LeBron. 

Foto: drafkings.com

Pemain NBA aktif yang lebih tua dari LeBron James adalah Andre Iguodala. Dia memang berstatus "free agent" setelah musim 2022-2023 berakhir. Dan, Golden State Warriors belum membuat keputusan untuk memperpanjang kontraknya. Iguodala sendiri belum mengumumkan pensiun, meski sempat dia mengatakan kalau musim 2022-2023 adalah musim terakhirnya. Namun sampai saat ini, usia Iguodala sudah 39 tahun. Sehingga bila pemain kelahiran 28 Januari 1984 tersebut mendapatkan kontrak baru, maka LeBron bukan pemain aktif tertua di NBA. 

Sampai saat ini, Udonis Haslem yang baru saja pensiun, tercatat sebagai pemain tertua yang pernah bermain di NBA. Hal ini tercatat setelah Haslem diturunkan dalam Final NBA 2023, saat dirinya berusia 43 tahun. Jadi untuk menjadi pemain tertua di NBA, maka pemain-pemain di atas harus bisa melewati usia Haslem. (*)

Foto: San Diego Union-Tribune

Komentar