IBL

Seperti biasanya, bulan Agustus akan menjadi bulan yang tenang dalam kalender NBA. Setelah pada bulan Juni pasar bursa "free agent" ramai, disusul dengan NBA Draft dan Summer League. Kini penggemar NBA akan beristirahat sejenak. Namun sembari beristirahat, ada baiknya kita lihat dulu, pemain-pemain yang belum dapat tim. 

Untuk pemain free agent yang masih tersedia, salah satunya adalah Kelly Oubre Jr. Dua tahun terakhir, dia berada di tim Charlotte Hornets, dengan rata-rata 20,3 poin per gim. Ada rumor kalau Oubre Jr. akan ke Chicago Bulls dan Cleveland Cavaliers. Tetapi sampai sekarang belum ada kepastian. 

Christian Wood juga belum dapat klub, dan masih berstatus free agent. Wood musim lalu bersama Dallas Mavericks. Namun pihak manajemen yang dikepalai Mark Cuban tidak tertarik memperpanjang kontrak. Wood sebenarnya punya kemampuan yang bagus. Dia memiliki keahlian di paint area, tinggi, dan mampu menembak jarak jauh. Buktinya Wood punya persentase 37,6 persen dari tripoin musim lalu. Bulls dan Lakers kabarnya tertarik merekrut Wood.

Setelah Wood, ada pemain Minnesota Timberwolves Jaylen Nowell. Meski belum ada kabar resmi, namun Nowell bisa dikatakan lebih beruntung dari dua pemain sebelumnya. Karena Nowell mendapatkan tawaran dari Dallas Mavericks. Nowell musim lalu mencetak 10,8 poin dari bangku cadangan. Mavericks memang mencari pemain yang bagus untuk memperkuat lini kedua. 

Ada pula pemain-pemain yang veteran yang belum dapat klub untuk musim 2023-2024. Mereka adalah Austin Rivers, Will Barton, Shaq Harrison, JaMychal Green, Hamidou Diallo, Terrence Ross, TJ Warren, Justise Winslow, Derrick Jones Jr., dan Terence Davis. Mereka bisa dikontrak dengan nilai minimum veteran, sehingga tidak membebani tim. 

Namun dari pemain-pemain yang disebutkan di atas, ada dua nama yang paling ditunggu. Mereka adalah James Harden dan Damian Lillard. Bukan rahasia lagi kalau kedua pemain ingin meninggalkan timnya masing-masing. Lillard berniat pindah dari Porland Trail Blazers dan bergabung dengan Miami Heat. Sedangkan James Harden, ingin pergi dari Philadelphia 76ers. Tujuan Harden adalah ke LA Clippers, dan bermain kembali dengan Russell Westbrook. 

Jika Lillard dan Harden berhasil mendapatkan keinginannya, maka kabar ini tidak terlalu mengejutkan. Mungkin nanti yang menarik adalah detail kesepakatannya. Tetapi bila sebaliknya yang terjadi, Lillard dan Harden tidak mendapatkan tim sesuai keinginan, maka akan mengubah peta kekuatan di NBA musim depan. (*)

Foto: Deadspin

Komentar