IBL

Industri olahraga bisa menjadi tempat “membakar uang” yang gila-gilaan. Tidak sedikit klub yang memberikan nilai sangat tinggi kepada pemain. Tidak mengejutkan. Deretan bintang NBA memiliki gaji dan nilai kontrak yang sangat fantastis.

Tidak heran apabila dari waktu ke waktu akan ada rekor baru dan nilai tertinggi. Berikut pemain-pemain NBA yang memiliki nilai kontrak tertinggi di NBA:

Baca juga: Jaylen Brown Dapat Kontrak Super Maksimal dan Tertinggi di NBA

1. Jaylen Brown (Boston Celtics), AS$304 juta

Pekan ini Jaylen Brown resmi menjadi pemain dengan kontrak termahal dalam NBA. Boston Celtics memberinya kontrak super maksimal lima tahun dengan nilai AS$304 juta atau setara dengan Rp4,5 triliun! Ia menjadi pemain NBA pertama dengan nilai kontrak mencapai AS$300 juta.

2. Nikola Jokic (Denver Nuggets), AS$270 juta

Nikola Jokic adalah dua kali Most Valuable Player (MVP) NBA sebelum mendapat kontrak maksimal dari Denver Nuggets. Pemain asal Serbia itu kemudian memecahkan rekor kontrak termahal senilai AS$270 juta atau Rp4 triliun pada tahun lalu.

Baca juga: Jaylen Brown Bisa Ikuti Jejak Nikola Jokic Usai Dapat Kontrak Termahal NBA

Nilai yang layak ia dapatkan. Jokic “membayar” lunas dengan membawa Nuggets menjadi unggulan pertama dan juara Wilayah Barat. Berlanjut dengan gelar pertama Nuggets. Ditambah menjadi MVP Final NBA 2022-23.

3. Bradley Beal (Washington Wizards), AS$251 juta

Kisah Bradley Beal dengan Washington Wizards memang telah berakhir. Beal dikirim ke Phoenix Suns. Tetapi Wizards pernah memberi Beal kontrak super maksimal senilai AS$251 juta atau Rp3,7 triliun. Bahkan lebih tinggi dari milik Stephen Curry.

Beal memang pemain yang spesial. Namun, tidak cukup untuk membawa Wizards meraih prestasi yang lebih baik. Tapi setidaknya Wizards punya banyak uang untuk pemain sekaliber Beal.

4. Devin Booker (Phoenix Suns) AS$224 juta

Pemain dengan nilai kontrak 200 juta mungkin sudah menjadi hal umum di NBA. Nama berikutnya adalah Devin Booker. Ia mendapat perpanjangan kontrak super maksimal dari Phoenix Suns pada Juli 2022 lalu. Booker mendapat nilai AS$224 juta atau Rp3,3 triliun.

5. Stephen Curry (Golden State Warriors) AS$215 juta

Dalam daftar ini jelas Stephen Curry merupakan pemain yang paling sukses. Empat cincin juara, dua kali MVP, satu MVP final, hingga 9 kali All-Star. Tetapi Curry adalah pemain pertama yang menyentuh angka AS$200 juta.

Curry menandatangani kontrak empat tahun dengan nilai AS$215 juta atau Rp3,2 triliun pada Agustus 2021 lalu. Curry memiliki AS$53,8 juta atau Rp808 juta per tahun. Jumlahnya akan meningkat menjadi AS$59,6 juta pada 2025-26. (rag)

Foto: NBA

Komentar