IBL

Beberapa hari setelah tawaran menggiurkan Al Hilal kepada Kylian Mbappe, kini giliran NBA memiliki rekor kontrak super maksimal. Boston Celtics memberi kontrak super maksimal 5 tahun senilai AS$304 juta untuk Jaylen Brown.

Agen Jason Glushon mengatakan kepada ESPN bahwa pihaknya telah bertemu dengan manajemen Celtics untuk menyelesaikan kesepakatan itu pada Minggu (23/7) malam di Boston. Kesepakatan itu juga memecahkan kontrak Nikola Jokic dengan Denver Nuggets senilai AS$264 juta yang terjadi tahun lalu.

Dari 10 pemain dengan gaji tertinggi per tahun di Amerika Serikat, tujuh diantaranya merupakan pemain NBA. Brown berada di posisi kedua pendapatan AS$60,7 juta per tahun. Sedikit di bawah gaji Damian Lillard AS$60,9 juta dari kontraknya dua tahun di Portland Trail Blazers.

Di posisi ketiga ada Karl-Anthony Towns (Minnesota Timberwolves) dan Devin Booker (Phoenix Suns) dengan AS$ 58,6 juta. Disusul Jokic dengan AS$55,2 juta. Lionel Messi (Inter Miami, MLS) memiliki gaji AS$55 juta dengan kesepakatan AS$150 juta selama tiga tahun.

Brown mencapai rata-rata tertinggi dalam kariernya pada musim lalu. Pilihan ketiga NBA Draft 2016 itu mencapai rata-rata 26,6 poin, 6,9 rebound, dan 3,5 asis per gim. Namun, angka tersebut turun di babak playoff.

Celtics kalah dalam 7 gim melawan Miami Heat. Brown meraih 19 poin dari 8/23 tembakan di gim ketujuh. Musim lalu Brown masuk All-Star keduanya dan terpilih dalam All-NBA Second Team.

Meski gagal mengulang capaian final NBA 2020-21, Brown tetap memiliki peran inti selama enam tahun dalam tim. Celtics langsung mengamankan Brown dengan kesepakatan jangka panjang setelah ia memenuhi syarat untuk perpanjangan super maksimal.

“Dia salah salah satu pemain terbaik di liga ini. Dia bisa memainkan bola dengan dengan sangat baik dan masih relatif muda. Jaylen telah mencapai banyak hal sejauh ini dalam kariernya. Saya pikir mempertahankannya adalah hal yang sangat penting,” kata Jayson Tatum pada periode Mei lalu.

Selain Brown, Celtics juga mengamankan asetnya untuk perburuan gelar musim mendatang. Mereka memiliki Tatum, Kristaps Porzingis, Malcolm Brogdon, Robert William III, Derrick White, dan Al Horford setidaknya sampai musim 2024-25. (rag)

Foto: NBA

 

Komentar