IBL

USA Basketball memilih 14 pemain yang tergabung dalam Select Team pada Senin (24/7) waktu setempat. Mereka akan menjadi lawan uji tanding bagi timnas utama di pemusatan latihan FIBA World Cup 2023.

Tidak hanya menjadi lawan tanding. Mereka juga memiliki kesempatan untuk promosi ke timnas utama. Timnas AS akan melakukan pemusatan latihan di Las Vegas, Nevada pada 3-6 Agustus mendatang.

“Kami yakin Select Team ini akan membantu persiapan timnas untuk FIBA World Cup 2023. Kami memiliki perpaduan yang baik antara pemain muda NBA dan mereka yang membantu kami lolos FIBA World Cup. Semua akan memainkan peran besar dalam kesuksesan kami di Manila,” kata Grant Hill, Direktur Pelaksana Timnas AS.

Baca juga: Timnas Amerika Serikat Kirim Roster Muda ke FIBA World Cup 2023

Sepuluh pemain dari Select Team tersebut pernah memperkuat AS di kompetisi junior, senior, maupun masuk pemusatan latihan. Langston Galloway, John Jenkins, dan Eric Mika merupakan pemain yang membawa AS lolos kualifikasi. Masing-masing bermaian dalam 2-5 pertandingan selama kualifikasi.

Cade Cunningham, Jalen Duren, Quentin Grimes, Chet Holmgren, dan Payton Pritchard pernah menyumbang medali untuk AS di berbagai kompetisi FIBA dan Amerika kategori junior.

Jamahl Mosley dari Orlando Magic akan menjabat sebagai pelatih kepala Select Team. Ia akan dibantu oleh asisten pelatih Jim Boylen (Indiana Pacers) dan Matt Painter (Purdue University). Sebelumnya Boylen menjabat sebagai pelatih timnas AS di babak kualifikasi selama 2021-23.

Timnas AS sendiri telah mengumumkan 12 roster untuk FIBA World Cup 2023. Enam diantara pernah masuk dalam Select Team. Mereka adalah Mikal Bridges, Jalen Brunson, Anthony Edwards, Tyrese Haliburton, Brandon Ingram, dan Jaren Jackson Jr.

Timnas AS akan menjalani lima laga uji tanding di Las Vegas, Malaga (Spanyol), dan Abu Dhabi. Timnas AS tergabung di grup C bersama Yunani, Selandia Baru, dan Jordania. Mereka akan bertanding di Manila, Filipina mulai 25 Agustus mendatang. (rag)

 

Select Team Timnas AS 2023:

Cade Cunningham (Detroit Pistons)

Jalen Duren (Detroit Pistons)

Langston Galloway (Free Agent)

Jalen Green (Houston Rockets)

Quentin Grimes (New York Knicks)

Chet Holmgren (Oklahoma City Thunder)

John Jenkins (G League Ignite)

Herb Jones (New Orleans Pelicans)

Eric Mika (G League Ignite)

Trey Murphy (New Orleans Pelicans)

Keegan Murray (Sacramento Kings)

Payton Pritchard (Boston Celtics)

Naz Reid (Minnesota Timberwolves)

Jalen Williams (Oklahoma City Thunder)

 

Foto: NBA

Komentar