IBL

Selalu saja ada masalah berat badan dengan Luka Doncic setelah jeda musim kompetisi. Kali ini pun sama, Doncic kabarnya mengalami kenaikan berat badan. Sehingga dia diminta untuk menurunkan berat badan hingga mencapai 104 kilogram yang jadi berat idealnya. 

Sebelum musim 2022-2023, Doncic diminta staf pelatih Dallas Mavericks untuk menurunkan sekitar 14 kilogram, agar memenuhi berat badan idealnya. Dalam lima musim, berat badan Doncic berada di kisaran 104 kilogram. Dengan berat seperti itu, dia mencetak rata-rata 27,6 poin, 8,6 rebound, 8,0 asis, dan 1,1 steal per gim. Bayangkan saja kalau Doncic lebih ramping, tentunya gerakannya lebih lincah. 

Tim Cato dari The Athletic melaporkan bahwa ada staf pelatih Mavericks yang memberi tahu kalau Doncic harus menjalani program intensif selama musim panas. Tentu saja ini terkait dengan berat badan. Cato tidak menjelaskan dengan pasti, berapa berat badan yang diinginkan oleh staf pelatih tersebut. Namun yang jelas, permintaan ini sepertinya jauh lebih rendah dibandingkan berat badannya selama ini. 

Ada juga rumor yang mengatakan kalau Doncic menyewa ahli gizi selama libur kompetisi. Dikutip dari eurohoops.net, Doncic tampak berlatih keras di Slovenia. Sehingga penggemar Mavericks akan melihat versi terbaik dari Luka Doncic di musim depan. 

Masalahnya pilihan untuk menurunkan berat badan itu sulit bagi Doncic. Sebab, dalam beberapa musim terakhir dia selalu jadi sasaran fokus pertahanan lawan. Sehingga dia harus menggunakan tubuhnya untuk menjadi pemain yang lebih kuat. Jadi pilihan terbaik bagi Doncic adalah menambah otot, bukan menurunkan berat badan. 

Luka Doncic telah menjadi bintang Dallas Mavericks sejak musim pertamanya di NBA. Dia mengubah tim papan bawah menjadi penantang Final NBA, hanya dalam empat tahun, saat dia mencapai Final Wilayah Barat di musim keempatnya. Doncic seperti penyihir saat bola ada di tangannya. Karena dia bisa mencetak poin kapan pun dia mau, dan merupakan salah satu pengumpan terbaik di NBA. (*)

Foto: Sportsnaut

Komentar