IBL

Pelita Jaya Bakrie Jakarta belum kehilangan peluang menjadi juara. Mereka akan menjalani pertandingan penentuan di gim 2 melawan Prawira Harum Bandung. Pertandingan tersebut akan berlangsung besok pukul 19.00 WIB di C-Tra Arena, Bandung.

Pelatih Pelita Jaya Djordje Jovicic mengungkapkan bahwa timnya memang kurang sabar dalam gim pertama. Dalam final IBL 2023 gim 1 kemarin di Hall Basket Senayan, Jakarta itu, Prawira berhasil mencuri kemenangan 74-65.

“Saya tidak bisa komplain jika pemain gagal tripoin karena tim kami mengandalkan tembakan luar dan tembakan gratis.  Ini terjadi karena kami tidak sabar dan tidak membawa permainan dengan baik sesuai rencana. Kami terlalu terburu-buru,” kata Jovici dalam jumpa pers usai pertandingan.

Dalam pertandingan itu, Prawira justru lebih leluasa menjalankan pola mereka. Meski tanpa Brandone Francis yang terusir sejak kuarter ketiga. Pelita Jaya hanya mencapai akurasi 32 persen (22/68 tembakan).

Baca juga: Brandone Francis Absen di Gim 2 Final IBL 2023

Peluang Prawira memang lebih sedikit dengan 63 tembakan. Namun, mereka lebih akurat dengan memasukkan 26 tembakan (41 persen). Dari segi offensive rebound, Prawira juga hanya unggul satu angka dari 13 berbanding 12). Tetapi Prawira berhasil mengonversi 13 offensive rebound itu menjadi 16 poin.

Pelatih asal Serbia itu mengakui Prawira memang tampil lebih baik di gim 1. Tapi bukan berarti mereka menyerah. “Saya berharap bisa bereaksi dengan tepat untuk pertandingan kedua nanti,” tutur Jovicic.

Pelita Jaya memiliki peluang untuk membalas kekalahan. Apalagi Prawira juga tidak akan diperkuat Brandone Francis di gim kedua besok. Ia mendapat satu kali larangan bertanding setelah dikeluarkan dari pertandingan.

Meski begitu Prawira cukup baik melakukan penyesuaian. Hal itu dibuktikan dengan kemenangan di gim 1. Ini menjadi tantangan Pelita Jaya untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terjadi di paruh kedua gim pertama.

“Mindsetnya ya berusaha untuk bangkti saja. Pada gim 1 sebenarnya kami banyak memimpin juga. Kalau kami bisa mencetak tembakan gratis kami bisa unggul. Jadi, kami harus lebih siap saja menghadapi pertandingan di Bandung,” kata Andakara Prastawa. (rag)

Foto: Hariyanto

Komentar