IBL

Pelita Jaya Bakrie Jakarta meraih kemenangan ke-18 musim ini. Pada pertandingan keduanya di Seri 6, tim asuhan Djordje Jovicic itu mengalahkan Tangerang Hawks Basketball 88-52. Pelita Jaya masih konsisten di urutan kedua klasemen bersaing dengan Prawira Harum Bandung dan Satria Muda Pertamina Jakarta.

Pelita Jaya baru panas di pertengahan kuarter kedua melawan Hawks di GOR Amongrogo, Yogyakarta. Dalam pertandingan pada Sabtu (27/5) itu, mereka baru panas menjelang jeda pertandingan dan menutup kuarter kedua dengan keunggulan 13 poin.  Pelita Jaya makin memperkokoh keunggulan dengan skor terjauh 38 poin di kuarter terakhir.

“Kami tidak bisa mengontrol rebound karena situasinya yang ketat. Ada 17 offensive rebound. Kami juga kurang baik dalam menembak 2 poin, terlalu terburu-buru. Kami mengalami situasi yang sulit saat pertandingan. Masalah lainnya adalah terlalu banyak turnover," kata Djordje.

Selama pertandingan Pelita Jaya memasukkan 32 tembakan dari 68 kesempatan. Deshaun Wiggin menjadi top skor gim dengan raihan 19 poin, 8 rebound, dan 2 asis. Tampil selama 19 menit Wiggins mencetak 7 tembakan yang akurat dengan dua diantaranya tripoin.

Pencetak skor terbanyak kedua adalah Andakara Prastawa. Ini merupakan gim pertama Prastawa usai jeda. Peraih emas SEA Games 2022 itu menyumbangkan 12 poin termasuk 2/3 tripoin. Prastawa juga mencetak 5 rebound dan 2 tembakan gratis.

Sedangkan Hawks pada awal gim sempat memberi perlawanan yang ketat. Mereka bisa menahan Pelita Jaya dengan tidak mencetak lebih dari 16 poin. Namun, dengan 21 turnover sepanjang gim, Hawks membuka peluang Pelita Jaya untuk semakin membara.

Tyron Criswell memimpin Hawks dengan 19 poin, 8 rebound, dan 2 steal. Rizky Effendy turut memberikan 10 poin, 3 rebound, dan 2 asis. Anthony Allen Jr. memberikan 8 poin dan 2 blok. Ia memimpin perolehan blok dengan rata-rata 2,83 blok per gim.

“Harus diakui gim ini kami tidak bagus. Meski pada kuarter pertama sesuai game plan dan menahan mereka di bawah 20 poin. Ada foul trouble, shooting, dan free throw juga lagi jelek jadi kalah banyak,” kata pelatih Hawks Antonius Joko. (rag)

Foto: Hariyanto

Komentar