IBL

Sabrina Ionescu mencatat namanya sebagai pemegang rekor kontes tripoin. Baik di WNBA maupun NBA. Ia sukses memasukkan 37 poin dan 40 poin maksimal. Pemain New York Liberty itu melampaui rekor kontes tripoin milik Stephen Curry dan Tyrese Halliburton. Keduanya memiliki rekor 31 poin.

Ionescu menjadi pemenang kontes tripoin WNBA All-Star 2023 di Michelob Ultra Arena, Las Vegas pada Sabtu (15/7) waktu setempat. Pilihan pertama WNBA Draft 2020 itu mengalahkan Arike Ogunbowale (Dallas Wings) dan Sami Whitcomb (Seattle Storm) di babak final.

Ini juga menjadi penampilan kontes tripoin terbaik. Ionescu melaju ke babak final setelah mencetak 26 poin. Ionescu menggila di babak final. Setelah melewatkan tembakan pertama, Ionescu nyaris tidak pernah meleset pada tembakan berikutnya.

Pemain berusia 25 tahun itu hanya melewatkan dua tembakan di babak final. Selain tembakan pertama, tembakan yang gagal adalah moneyball di rak keempat.

“Saya tahu tembakan-tembakan itu akan masuk. Adrenalin menyelimuti saya di babak final. Saya baru saja kalah di skill challenge dan saya tidak akan pernah kalah lagi,” kata Ionescu usai penampilan yang menghebohkan itu.

Rekor 37 poin itu juga melampaui capaian edisi sebelumnya yang diraih oleh Allie Quigley. Dalam WNBA All-Star 2022 lalu, Quigley membukukan 30 poin. Sedangkan pada NBA All-Star 2023 lalu, Halliburton meraih 31 poin. Rekor Curry sendiri tercipta pada NBA All-Star 2021.

Ionescu kebanjiran ucapan selamat. Tak terkecuali dari Curry.  Melalui akun Twitternya, Curry mengapresiasi penampilan Ionescu. “Luar biasa! @sabrina_i20,” tulis Curry.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Quigley, pemilik rekor kontes tripoin WNBA sebelumnya. “Sulit dipercaya. Rekor ini tidak akan pernah terpecahkan,” kata pemain Chicago Sky itu.

Ionescu sendiri juga pemain pertama WNBA yang mencetak +500 poin, +200 rebound, dan +200 asis dalam satu musim. Dengan tambakan rekor kontes tripoin ini, Ionescu akan mengirimkan videonya ke pelatih Liberty Sandy Brondello untuk bisa mendapatkan lebih banyak kesempatan tripoin saat pertandingan.

“Saya telah melakukan banyak latihan untuk menembak seperti itu dari garis tripoin. Hasil ini sangat memuaskan bagi saya,” pungkasnya. (rag)

Foto: WNBA

Komentar