IBL

Zion Williamson terus berkutat dengan cedera. Musim lalu ia hanya tampil 29 gim dengan New Orleans Pelicans.  Berbagai cara telah ia lakukan untuk bisa fit dan tampil semusim penuh. Mulai dari diet hingga meniru pola latihan LeBron James.

Dalam acara Gil’s Arena Show yang dipandu mantan pemain NBA Gilbert Arenas itu, Zion mengungkapkan perjuangannya untuk lepas dari cedera. Terutama saat ia harus menjalani diet dan menurunkan berat badan.

“Ada saat dimana saat akan berkata bahwa ini sangat sulit sekali. Tetapi saya berada titik dimana saat ini saya mengambil hikmah dari orang-orang yang berada di sekelilingku,” kata pemain berusia 23 tahun itu.

Berat badan Zion saat ini tercatat 284 pound atau 123,82 kg dengan tinggi 6”6’ (198 cm). Dengan postur tersebut Zion dinilai rawan cedera. Zion melewatkan 45 gim terakhir Pelicans karena mengalami cedera hamstring. Termasuk melewatkan penampilan All-Star keduanya.

Dalam kondisi sehat, Zion adalah pemain yang mumpuni. Pemain dari Duke University itu terpilih sebagai urutan pertama NBA Draft 2019. Sayangnya, badai cedera membuat performa Zion tidak maksimal.

Dalam empat musim perjalanan kariernya, Zion hanya bermain 114 gim di musim reguler. Bahkan ia melewatkan musim 2021-22 karena menjalani operasi kaki. Selama penampilan tersebut, Zion memiliki rata-rata 25,8 poin dan 7,0 rebound dengan akurasi 61 persen.

Selain menjalani diet, Zion juga meniru pola latihan LeBron James. Zion terinspirasi oleh LeBron yang akan menjalani musim ke-21. Sebuah perjalanan panjang dan konsisten berhasil dijalani LeBron ditambah berbagai capaian rekornya.

“Lebih menekankan soal fleksibilitas dan latihan penguatan. Saya pikir itu adalah hal-hal yang akan membuat saya berada di lapangan lebih lama daripada kehilangan berat badan untuk bisa bermain,” ungkap Zion.

Meski dihantui berbagai riawata cedera, Zion tetap berjuang untuk bangkit. Pelicans juga tetap menaruh kepercayaan yang besar untuk Zion. Mereka telah menandatangani perpanjangan kontrak maksimal lima tahun senilai AS$193 juta musim lalu. (rag)

Foto: Lakers Daily

Komentar