IBL

FIBA World Cup 2023 kurang dari 44 hari lagi. Venue Indonesia Arena sudah berdiri megah di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta. Sebagai venue baru dan menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya, Indonesia perlu persiapan dengan mengadakan tes venue dan event. Tetapi hingga kini jadwal dan pesertanya belum pasti.

“Ini tempat yang luar biasa. Untuk memastikan bagaimana sistemnya bekerja dan fasilitas berfungsi dengan baik, selanjutnya ada tes untuk memastikan semua sudah sesuai kualifikasi dan persetujuan,” kata David Crocker, Executive Director FIBA dalam jumpa pers di Indonesia Arena pada Selasa (11/7) itu.

Pada awalnya LOC FIBA World Cup 2023 Indonesia menjadwalkan beberapa agenda untuk tes event dan venue. Indonesia Basketball League (IBL) sempat menjadi opsi dengan menggelar seri 8 Jakarta di Indonesia Arena. Namun, rencana itu batal. Proses administrasi belum memungkinkan untuk menggunakan Indonesia Arena pada akhir Juni.

Kemudian ada agenda tes event yang melibatkan tim nasional (timnas) Indonesia. Agendanya dijadwalkan pada awal Agustus. Tetapi hingga saat ini pihak LOC maupun Perbasi belum memberikan jadwal yang pasti.

Ditemui di lokasi yang sama, Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih mengungkapkan pihaknya telah mengirimkan surat undangan ke federasi basket beberapa negara. Perbasi mengundang beberapa negara untuk mengikuti tes event di Indonesia Arena.

“Tes event baru kami mengundang beberapa negara. Belum ada jawaban resmi. Rencana awal Agustus akan ada tes event. Yang diundang beberapa negara Asia Tenggara dan ada Timur Tengah beberapa negara,” ungkap Danny.

FIBA World Cup 2023 akan berlangsung pada 25 Agustus-10 September mendatang. Indonesia menggelar dua fase grup yang berlangsung hingga 3 September di Indonesia Arena. Kemudian dua tim yang lolos dari fase 2 akan mengikuti perempat final di Manila mulai 5 September.

Grup G dan H akan bertanding di Jakarta. Grup G terdiri dari Iran, Spanyol. Pantai Gading, dan Brazil. Grup H berisi Prancis, Kanada, Spanyol, Latvia, dan Bahrain. Indonesia Arena yang memiliki kapasitas 16 ribu penonton itu akan menggelar partai pembuka tanggal 25 Agustus antara Kanada vs Prancis. (rag)

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar