IBL

Pada pertengahan bulan Juni 2023, LA Clippers punya kesempatan untuk melepaskan Paul George. Menurut Anita Marks dari ESPN, Clippers setuju untuk mengirim PG13 ke New York Knicks. Sebagai imbalannya, Knicks menyerahkan RJ Barrett, Quentin Grimes, Evan Fournie dan tiga pick putaran pertama. Tetapi pada hari Selasa (4/7) waktu Amerika Serikat, Knicks menolak kesepakatan tersebut. Pasalnya George tidak ingin pergi begitu saja, tanpa perpanjangan kontrak. 

Kontrak Paul George sekarang masih terisa dua tahun, di tambah opsi pemain di tahun terakhir. Jadi kalau pindah ke Knicks, mereka akan memiliki George sampai kontraknya berakhir di tahun 2024. Namun di luar dugaan, justru George meminta tambahan, alias perpanjangan kontrak baru dari Knicks. 

Analis ESPN dan MSG Network Alan Hahn mengungkapkan bahwa Knicks tidak mau menyerahkan banyak aset untuk George. Termasuk dengan membuat perpanjangan kontrak. "Mereka (Knicks) memiliki kesempatan untuk mendapatkan Paul George," kata Hahn. "Mereka mengatakan itu terlalu mahal, mereka tidak ingin melakukannya. Mereka sudah mundur dari kesepakatan. Sebenarnya Clippers dan Knicks sudah sepakat, namun George menginginkan perpanjangan kontrak. Knicks akhirnya mundur."

Persoalan ini sebenarnya dimulai dari Clippers sendiri. Tim tersebut masih percaya dengan Kawhi Leonard dan Paul Georger. Namun manajemen tidak bersedia memberikan perpanjangan kontrak kepada dua bintang tersebut. Pasalnya kedua pemain rentan cedera. Sehingga George akhirnya mencari cara agar dirinya bisa mendapatkan perpanjangan kontrak. Caranya dengan memasukkan perpanjangan kontrak sebagai syarat pertukaran pemain. 

George sangat membantu Clippers setiap kali dia sehat. Clippers bahkan berhasil mencapai Final Wilayah Barat pertama mereka pada tahun 2021, dengan George sebagai bintang utama, sementara Kawhi Leonard cedera. Tetapi, pemain 33 tahun itu hanya tampil 31 pertandingan dalam musim 2021-2022 karena cedera. Sehingga Clippers gagal lolos ke babak playoff. PG13 berhasil bangkit musim lalu, tetapi di fase terakhir musim reguler dia menderita cedera lutut. Clippers disapu Phoenix Suns di playoff putaran pertama. (*)

Foto: New York Post

Komentar