IBL

Austin Reaves menjelma menjadi anak muda yang paling dicari di pasar bursa pemain "free agent" tahun ini. Meski demikian Los Angeles Lakers tambaknya sedang berusaha membentengi Reaves dari rayuan tim lain. Mereka dikabarkan siap memberikan kontrak maksimal untuk pemain muda tersebut. 

Seperti dilansir Marc Stein, Lakers tidak ingin kehilangan Austin Reaves di pasar. Agar tidak tergoda dengan tawaran tim lain, Lakers menyiapkan kontrak maksimal yang nilainya mencapai 100 juta dolar dengan durasi empat tahun. Menurut Stein, pemain yang disebut-sebut sebagai penerus Alex Caruso di Lakers tersebut, pantas mendapatkannya. Karena dengan level permainan seperti dia, mustahil kalau gajinya di bawah 25 juta dolar per tahun. 

Reaves mencetak 17 poin, 4,4 rebound, dan 4,6 asis di babak playoffs 2023. Dia juga terkadang memikul tanggung jawab di momen-momen penting dalam pertandingan. Dia juga mampu bekerja sama dengan LeBron James dan Anthony Davis. Sehingga mustahil kalau Lakers melepasnya ke pasar bursa "free agent" tahun ini. 

Sebagai informasi, Reaves dalam dua tahun terakhir menerima gaji senilai 2,4 juta dolar Amerika. Sehingga dia dikatakan sebagai pemain muda berbakat dengan bayaran rendah. Dalam 62 pertandingan di musim reguler, dia mencetak rata-rata 13,0 poin, 3,4 asis, dan 2,0 rebound per pertandingan, dengan 22 kali tampil sebagai pemain inti. Akurasi tembakan keseluruhan mencapai 52,9 persen, dan 39,8 persen dari tripoin. 

Mengacu pada aturan CBA yang baru, Reaves bisa diberikan kontrak empat tahun sebesar 51 juta dolar Amerika. Tetapi dijelaskan Eric Pincus dari Bleacher Report, Lakers tentu tidak akan memberikan kontrak serendah itu. Prediksi Pincus, Lakers bisa memberikan penawaran maksimal, jika mereka berani membuka ruang gaji lebih luas dengan cara mengurangi jumlah pemain dalam roster. 

Sementara itu, Stephen Noh dari Sporting News menulis bahwa saat ini hanya delapan tim yang bisa menggoyang pendirian Austin Reaves untuk tetap tinggal di Los Angeles. Karena mereka punya ruang gaji yang cukup, untuk memberikan kontrak maksimal. Delapan tim tersebut adalah Charlotte Hornets, Utah Jazz, Orlando Magic, Indiana Pacers, Detroit Pistons, Houston Rockets, San Antonio Spurs, dan Oklahoma City Thunder. Beruntung bagi Lakers, karena Reaves pernah mengatakan kalau dirinya tidak berminat untuk pindah dari Lakers. Dia sedang menunggu penawaran terbaik dari manajemen Lakers. (*)

Foto: Hoops Habbit

Komentar