IBL

Kobe Bryant memang telah meninggal dunia tiga tahun lalu. Tetapi warisannya tetap abadi. Mamba Mentality atau Mentalitas Mamba berpengaruh besar atas keberhasilan petenis Novak Djokovic meraih gelar Prancis Terbuka 2023 yang menjadi gelar grand slam ke-23 miliknya.

Saat menerima trofi di Roland Garros pada Minggu (11/6) waktu setempat, Nole (sapaan Djokovic) mengenakan jaket bertulisan 23 yang tersusun dari logo alligator Lacoste. Ternyata ada makna tersendiri dibalik logo tersebut.

“Mamba Mentality, Kobe Bryant. Kamu akan tahu itu akan terjadi sebelum hal itu benar-benar terjadi,” kata Djokovic saat menjawab pertanyaan Maria Taylor, reporter NBC.

Dalam laga final Prancis Terbuka 2023 itu, Djokovic mengalahkan Casper Ruud dalam straight set 7-6(1), 6-3, 7-5. Capaian ini membuat petenis asal Serbia meraih rekor sebagai peraih grand slam terbanyak.

Pada laga final, Djokovic sempat mengawali set pertama dengan buruk dan tertinggal 0-3. Selain memiliki kekuatan fisik yang tangguh, Djokovic juga percaya kekuatan mentalnya bisa membuatnya mencetak sejarah.

Pemikiran itu yang membuat Djokovic percaya diri ia bisa memenangkan pertandingan tersebut. Ia perlahan mengejar dan merebut set pertama melalui tiebreak. “Saya sangat yakin kekuatan itu, kekuatan mental. Ini akan memproyeksikan pikiranmu dan menciptakan masa depanmu,” lanjut Djokovic.

Kobe menciptakan Mentalitas Mamba pada awal 2000-an. Legenda Los Angeles Lakers itu menjalani salah satu musim terberatnya pada 2003-2004. Ia memakai alter ego black mamba setelah menyaksikan film Quentin Tarantino, Kill Bill.

“Mentalitas Mamba berfokus pada proses dan yakin pada kerja keras yang kamu lakukan. Itu adalah mantra terbaik untuk menjaga semangat tetap kompetitif,” kata Kobe dalam wawancara dengan Amazon Book Review.

Hal itu ditunjukkan Kobe melalui kesuksesannya dalam basket. Moto itu kemudian berkembang ke berbagai bidang olahraga, Termasuk Djokovic yang menerapkan moto tersebut. Ia berhasil membuktikan diri menjadi petenis pria terbaik dan tersukses yang pernah ada. (rag)

Foto: People, Roland Garros

Komentar