IBL

Narasi tentang mengubah sejarah playoff NBA, muncul karena LeBron James. Setelah Los Angeles Lakers kalah 0-3 dari Denver Nuggets, LeBron mengatakan akan mengubah sejarah NBA. Namun timnya justru disapu Nuggets. Kini justru penggemar NBA percaya bahwa Boston Celtics yang mampu mengubah sejarah playoff NBA.

Boston Celtics sebenarnya sudah membuat sejarah NBA dengan kemenangan atas Miami Heat di Gim 6 Final Wilayah Timur, Sabtu (27/5) waktu Amerika Serikat. Derrick White mencetak poin yang luar biasa untuk membantu mengamankan kemenangan 104-103 atas Heat, untuk menyamakan kedudukan menjadi 3-3. 

White mencetak poin dengan waktu tersisa 0,2 detik saat dia melakukan tembakan. Tembakan tersebut ditinjau ulang oleh wasit, tetapi tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan poin, dan Celtics menang, untuk dikonfirmasi. Dengan melakukan itu, White menjadi pemain pertama dalam sejarah NBA yang mencetak poin dengan timnya menghadapi eliminasi jika dia gagal melakukan tembakan sejak 1984. Menurut data NNN.ng, pemain yang melakukannya adalah Michael Jordan saat Chicago Bulls melawan Cleveland Cavaliers.

Namun fakta lain menyebutkan bahwa belum ada tim yang berhasil (0-150) yang tampil di playoff bisa bangkit dari kekalahan 0-3. Jadi jika Celtics menang pada gim ketujuh di TD Garden, mereka tidak hanya memperoleh tiket mereka ke Final NBA dua tahun berturut-turut, melainkan juga menjadi tim pertama yang memenangkan seri playoff dengan skor 0-3. 

Sementara itu, Miami Heat tampaknya tidak terpengaruh dengan sorotan besar-besaran dari media untuk Boston Celtics. Setelah kekalahan yang memilukan pada hari Sabtu karena buzzer-beater, Heat kembali ke Boston untuk gim ketujuh. Kepala pelatih Erik Spoelstra mengatakan Heat tidak akan mundur dalam menghadapi kesulitan. "Begitulah musim ini," kata Spoelstra. "Ini adalah seri yang luar biasa. Pada saat ini, saya tidak tahu bagaimana kami akan menyelesaikannya, tetapi kami akan pergi ke sana (TD Garden) dan menyelesaikannya." 

Terlepas dari kekecewaan timnya, bintang Heat Jimmy Butler menggemakan sentimen Spoelstra. Dia menambahkan bahwa Heat menghadapi situasi yang sama seperti playoff tahun lalu, ketika kalah di Gim 7 dari Celtics di Final Wilayah Timur. "Saya percaya, seperti kami semua, Anda akan mendapatkan ujian yang sama sampai Anda lulus," kata Butler. "Kami berada di posisi yang sama tahun lalu, dan kami bisa melakukannya."

Maimi Heat musim ini berhasil mencuri dua kemenangan di Boston. Mereka juga memenangkan empat dari enam pertandingan playoff tandang melawan Celtics di tahun 2022. (*)

Foto: Fadeaway World

Komentar