IBL

Philadelphia 76ers memiliki berbagai pekerjaan rumah setelah tumbang di semifinal Wilayah Timur. Tidak hanya mencari kepala pelatih baru. Mereka juga berupaya untuk mempertahankan James Harden, yang akan masuk bursa free agent. Dua hal itu bisa saja selesai jika Sixers merekrut pelatih Mike D'Antoni.

Tetapi apakah D'Antoni sosok yang tepat untuk menggantikan posisi Doc Rivers?

Beberapa waktu lalu, Presiden Operasi Bola Basket Sixers Daryl Morey mengatakan pihaknya mencari sosok pelatih yang berpengalaman membawa tim juara. Mereka memang tidak ingin terburu-buru menentukan pelatih baru. Sebab, sosok tersebut juga harus bisa membangun hubungan harmonis dengan para pemain bintang Sixers.

D'Antoni merupakan mantan pelatih Harden saat berada di Houston Rockets. Ia menangani Rockets pada 2016-2020. Keduanya berada di Rockets selama empat musim. Hal ini membuatnya cukup dekat dengan Harden. Bahkan Harden disebut menyarankan Sixers memilih D'Antoni.

D'Antoni tidak asing dengan Sixers. Ia pernah menjadi asisten pelatih di bawah Brett Brown pada 2015-2016. Sebagai kepala pelatih, sebelumnya D'Antoni pernah menangani Denver Nuggets, Phoenix Suns, New York Knicks, Los Angeles Lakers, dan dan Rockets. Yang paling lama menjadi kepala pelatih Suns pada 2002-2008. Ia terpilih sebagai Coach of the Year pada 2005 dan 2017.

Pelatih berusia 72 tahun itu juga dikenal dengan gaya permainan offensive. Pada musim-musim awalnya menangani Rockets, D'Antoni membawa tim tersebut berada di posisi pertama dan kedua peringkat offensive.

Tetapi ada beberapa hal yang membuat D'Antoni juga dianggap tidak tepat untuk Sixers. Ia belum pernah membawa tim juara. Setelah berpisah dengan Rockets pada 2020 lalu, ia belum menjadi kepala pelatih lagi. Terakhir sebagai asisten pelatih di Brooklyn Nets pada 2020-21.

Ia memang pernah membawa Suns dan Rockets menembus final wilayah. Suatu capaian yang belum pernah dirasakan Sixers sejak 2001. Tetapi melihat Sixers di babak playoff ini, mereka perlu membenahi defense. Ini yang membuat D'Antoni terlihat kurang tepat untuk Sixers.

Selain D'Antoni, sebenarnya Sixers memiliki kandidat yang cukup banyak. Seperti Nick Nurse, Mike Budenholzer, hingga Monty Williams. Semua merupakan pelatih yang didepak timnya karena gagal mencapai target musim ini. (rag)

Foto: Bleacher Report

Komentar