IBL

Musim Los Angeles Lakers telah berakhir. Mereka gagal mengulang capaian musim 2019-20 lalu. Lakers gagal ke final NBA setelah disapu bersih Denver Nuggets. Kini pertanyaannya, apakah musim depan LeBron James tetap di Lakers?

Dalam jumpa pers usai kekalahan 111-113 gim 4 itu, LeBron memberi jawaban yang ambigu. Bisa diartikan banyak hal. LeBron telah mencapai musim ke-20 pada NBA 2022-23 ini. Belum ada kepastian apakah ia melanjutkan kariernya ke musim ke-21 mendatang.

“Kita lihat apa yang akan terjadi ke depan. Tetapi saya tidak tahu. Jujur saja banyak hal yang saya pikirkan. Saya hanya ingin terus bermain basket,” kata pemain berusia 38 tahun itu dilansir dari Sports Illustrated.

Jawaban yang masih mengambang. Dave McMenamin dari ESPN memperjelas lagi dengan bertanya kepada LeBron usai jumpa pers. Bahwa yang dimaksud LeBron adalah soal pensiun.

Most Valuable Player (MVP) NBA 4 kali itu telah menandatangani perpanjangan kontrak dua tahun dengan nilai AS$97 juta pada Agustus 2022 lalu. Tetapi ia memiliki opsi pemain di tahun terakhir. Jika memilih pensiun, maka ia menyisakan lebih dari AS$50 juta di kontraknya.

Lalu jika memilih pensiun sekarang berarti ia bisa saja tidak bermain satu tim dengan putra sulungnya, Bronny. Saat ini Bronny baru saja bergabung dengan USC dan diperkirakan baru mengikuti NBA Draft 2024.

Tetapi LeBron bisa saja mengambil pilihan yang lain. Ia bisa “istirahat” selama satu tahun. Lalu kembali lagi setelah Bronny memenuhi syarat mengikuti draft tahun depan.

Istirahat selama satu musim mungkin saja diperlukan bagi LeBron. Saat mengalami cedera pada Maret lalu, dokter menyarankannya untuk melakukan operasi. Tetapi saat itu LeBron menolak.

Dalam gim terakhir di musim ini, LeBron memimpin Lakers dengan 40 poin selama 48 menit. LeBron tetap kompetitif dengan mencetak rata-rata 28,9 poin per gim di musim reguler ini. (rag)

Foto: NBA

Komentar