IBL

Carmelo Anthony  mengumumkan pengunduran dirinya dari NBA setelah 19 musim pada hari Senin (22/5) waktu Indonesia. Selama bermain di NBA, Anthony menerima 10 pilihan NBA All-Star, memenangkan gelar top skor pada 2012-2013 dan masuk sebagai 75 pemain NBA terbaik sepanjang masa.

Anthony mengumumkan pengunduran dirinya dengan video yang diposting di media sosial, termasuk sorotan dari kuliahnya dan hari-hari profesionalnya. Pemain 38 tahun tersebut akan selamanya dikenang sebagai salah satu pencetak gol paling dominan di generasinya. Dia rata-rata mencetak lebih dari 20 poin per gim pada 15 musim pertamanya di liga dan memenangkan gelar top skor pertama dan satu-satunya pada musim 2012-2013. 

"Sekarang saatnya bagi saya untuk mengucapkan selamat tinggal, ke lapangan tempat saya membuat nama saya, ke permainan yang memberi saya tujuan dan kebanggaan," kata Anthony. "Dengan selamat tinggal yang pahit pada NBA, saya bersemangat tentang apa yang akan terjadi di masa depan bagi saya."

Carmelo Anthony, penyerang bintang yang memimpin Syracuse ke kejuaraan NCAA di satu-satunya musim kuliahnya dan menghabiskan 19 tahun di NBA. Anthony, yang tidak bermain di NBA musim ini, pensiun sebagai pencetak gol terbanyak ke-9 dalam sejarah liga. Hanya LeBron James, Kareem Abdul-Jabbar, Karl Malone, Kobe Bryant, Michael Jordan, Dirk Nowitzki, Wilt Chamberlain dan Shaquille O'Neal yang mencetak lebih banyak dari Anthony. Dia mengakhiri kariernya dengan catatan 28.289 poin.

Anthony terpilih No. 3 dalam draft NBA 2003 dari  Syracuse oleh Denver Nuggets, di mana dia bermain selama delapan musim untuk memulai kariernya. Dia kemudian bermain untuk  Knicks  selama tujuh musim, diikuti masing-masing satu musim dengan Thunder dan Rockets. Anthony kemudian bermain selama dua musim dengan Portland Trail Blazers, sebelum menyelesaikan kariernya bersama Los Angeles Lakers pada 2021–2022. Dia menghabiskan musim terakhir ini sebagai pemain "free agent". Anthony tidak pernah mencapai Final NBA, ia hanya bermain di final konferensi satu kali, dengan Denver Nuggets. 

Anthony juga telah bermain dalam 31 pertandingan dalam empat penampilan di Olimpiade, terbanyak dari pemain pria Amerika Serikat mana pun. 37 poin Anthony melawan Nigeria pada pertandingan 2012 adalah rekor poin bola basket putra Amerika Serikat di Olimpiade, begitu pula dengan rekor 10 tripoin dari 13 percobaan melawan Argentina pada Olimpiade 2008. Namun untuk bola basket internasional, Anthony masih berstatus sebagai Duta Piala Dunia FIBA 2023, yang berlangsung di Filipina, Jepang, dan Indonesia. 

Dalam pidato pensiunnya Anthony mengatakan bahwa dia menantikan untuk menyaksikan perkembangan putranya Kiyan, yang kini bermain di level sekolah menengah. "Orang-orang bertanya apa yang saya yakini sebagai warisan saya," kata Anthony. "Bukan prestasi saya di lapangan yang terlintas dalam pikiran, semua penghargaan atau pujian. Karena kisah saya selalu lebih dari sekadar bola basket. Warisan saya, anak saya ... saya akan selamanya melanjutkan melalui Anda. Waktunya telah tiba untuk Anda membawa obor ini."

Selamat kepada Carmelo Anthony atas karier bola basket kelas dunia. Kami menantikan untuk mempelajari rencana pasca-pensiunnya. (*)

Foto: complex

Komentar