IBL

Austin Reaves dan Rui Hachimura memiliki peran penting dalam kebangkitan Los Angeles Lakers di akhir musim reguler. Tetapi roster Lakers dianggap belum cukup untuk bisa mengulang capaian final NBA 2020. Kini mereka tertinggal 0-3 dari Denver Nuggets dan hampir mustahil untuk membalik keadaan.

Reaves dan Hachimura akan masuk agen bebas terbatas. Selain itu, masih ada D’Angelo Russell yang akan menjadi agen bebas tak terbatas. Reaves, Russell, dan Hachimura berada diurutan ketiga, keempat, dan kelima yang mencetak poin di playoff ini.

Dalam podcast Hoop Collective pada Minggu (21/5), Brian Windhorst dari ESPN melaporkan bahwa Lakers sedang menyiapkan langkah untuk mempertahankan para pemainnya. “Tidak mungkin membiarkan Austin Reaves pergi. Mereka pernah membuat kesalahan besar dengan kepergian Alex Caruso. Dan sejujurnya Reaves adalah pemain terbaik ketiganya,” ujarnya.

Reaves tidak terpilih dalam NBA Draft 2021 lalu. Ia kemudian menandatangani two-way contract dengan Lakers pada Agustus. Sebulan setelahnya ia Reaves mendapat kontrak standar NBA.

Pemain berusia 24 tahun itu memiliki rata-rata 13,0 poin dengan akurasi keseluruhan 52,9 persen dan tripoin 39,8 persen di musim reguler. Selama babak playoff ini, Reaves telah memberikan rata-rata 16,9 poin. Secara keseluruhan ia menembak 45,6 persen dan tripoin 44,2 persen.

Lakers sendiri juga akan mencocokan tawaran dengan Reaves dan Hachimura. Sangat mungkin Reaves akan mendapatkan AS$20 juta per tahun dalam agen bebas musim panas ini. Terutama dengan penampilannya di playoff.

Selain itu, Hachimura juga telah memberikan peran penting dari bangku cadangan. Ia datang pada pertengahan musim setelah pertukaran dengan Kendrick Nunn dari Washington Wizards.

Dengan mempertahankan kedua pemain itu bisa menjadi titik awal Lakers untuk melanjutkan kesuksesan mereka selama tiga bulan terakhir. Lakers menjalani musim ini bak roller coaster. Terseok-seok di awal musim, melalui fase play-in, mengalahkan juara bertahan Golden State Warriors, dan sampai di final Wilayah Barat. (rag)

Foto: NBA

Komentar