IBL

Lagi-lagi rumor tidak sedap berhembus, yang melibatkan James Harden. Kabarnya, dia turut andil dalam penentuan keputusan manajemen Philadelphia 76ers, khususnya saat memberhentikan Doc Rivers sebagai kepala pelatih. Diduga hal ini bisa terjadi karena kedekatannya dengan Daryl Morey, manajer umum Sixers. 

Bukan rahasia kalau seorang pemain bintang bisa memengaruhi keputusan manajemen tim. Termasuk menentukan pelatih, atau dalam perekrutan pemain. Kali ini, rumor tidak sedap berhembus bahwa Harden ikut ambil bagian dalam pemecatan Doc Rivers, meski faktanya dia masih menyisakan kontrak dengan durasi dua tahun. Rivers diberhentikan setelah Sixers kalah di gim ketujuh semifinal Wilayah Timur tahun 2023 dari Boston Celtics. 

Michael Kaiser dari ProBasket melaporkan bahwa Daryl Morey sempat memberikan keterangan bahwa alasan memutus kontrak Doc Rivers adalah kegagalannya membawa tim ke Final NBA tahun ini. Pelatih Rivers tidak berhasil melewati babak semifinal tiga musim berturut-turut. Tapi karena Morey punya hubungan baik dengan Harden, maka tersiar pula kabar miring soal pemain berjenggot lebat tersebut. Harden disinyalir memengaruhi keputusan manajemen. 

Situasi ini coba diuraikan oleh Jake Fischer dari Yahoo!Sports. Menurutnya, Morey mencoba untuk memberikan segalanya untuk Harden. Sebab, kontrak Harden akan berakhir pada tahun 2024. Maka Morey berusaha agar pemain kesayangannya tetap tinggal di Sixers. Caranya dengan menyingkirkan semua orang yang membuat Harden tidak nyaman. Salah satunya adalah pelatih Rivers. 

Foto: The Athletic

Harden musim ini sudah banyak berkorban. Termasuk menurunkan nilai kontraknya, serta membiarkan dirinya jadi pemain pendukung bagi wajah utama klub, yaitu Joel Embiid. Namun diam-diam dia mencoba untuk mengambil kendali tim tersebut. Salah satunya, mengusir Doc Rivers, yang dianggap sebagai kambing hitam atas kegagalan Sixers di playoff NBA 2023. 

Belum jelas apakah memang benar Harden tega melakukan hal ini. Namun manajemen Sixers sedang mencari pelatih baru untuk musim depan. Nama-nama yang tersedia di bursa pelatih NBA saat ini adalah Mike Budenholzer, Nick Nurse, Monty Williams, Frank Vogel, dan Sam Cassell. Kelima nama tersebut yang sekarang dikabarkan tengah dalam pantuan Daryl Morey. (*)

Foto: USA Today

Komentar