IBL

Meski banyak perubahan dalam Collective Bargaining Agreement (CBA) NBA yang baru, tapi ada yang tidak berubah, yaitu aturan "one-and-done". Setelah melewati diskusi panjang, akhirnya NBA dan NBPA sepakat bahwa usia masuk liga tetap 19 tahun. Padahal sebelumnya ada wacana pemain berusia 18 tahun bisa masuk NBA. Namun pada akhirnya aturan lama tetap diterapkan. 

Awalnya, ada diskusi yang menarik soal batas usia masuk liga. Ada pihak yang mengusulkan persyaratan usia menjadi 18 tahun. Ini akan memungkinkan pemain untuk memasuki NBA langsung dari sekolah menengah. Tapi kedua belah pihak (NBA dan NBPA) tidak pernah mencapai kesepakatan saat membahas hal ini. Hingga pada akhirnya aturan "one-and-done" tetap dipertahankan. 

Mengutip dari tulisan Ryan Resch dari Bleacher Report tahun 2012, aturan "one-and-done" ini sebenarnya sudah bagus. Sebab penggemar bola basket tingkat sekolah menengah akan lebih senang kalau pemain favoritnya bisa tampil di level perguruan tinggi. Begitu juga dengan penggemar basket perguruan tinggi tidak ingin kehilangan kesenangan mereka dengan bintang-bintang baru yang mulai merintis karier. 

Masalahnya adalah seseorang perlu mempertimbangkan fakta bahwa setiap pemain yang keluar dari sekolah menengah adalah individu dan memiliki keadaan spesifiknya sendiri. Fakta sederhana dari masalah ini adalah bahwa segelintir pemain yang keluar dari sekolah menengah cukup berbakat untuk langsung bermain di NBA.

Menurut Ryan Resch, kebanyakan pemain NBA yang masuk setelah lulus sekolah menengah adalah kedewasaan. Karena lompatan besar dalam diri mereka akan bisa berakhir dengan kekecewaan. Derrick Rose, salah satu contohnya, pernah berkata, "Penyesuaian terbesar adalah gaya hidup NBA, membayar tagihan, mengurus keluarga saya, para wanita mendatangi Anda."

Kesimpulannya, mungkin bukan tingkat keterampilan yang menjadi masalah bagi pemain. Karena mereka bisa menyesuaikan dengan permainan NBA. Tetapi masalah di luar lapangan yang akan menghancurkan mereka. Jadi lebih baik bahwa seorang pemain harus melewati jalur perguruan tinggi setidaknya satu tahun untuk mendewasakan mereka. (*)

Foto: Chicago Tribune

Komentar