IBL

NBA dan Asosiasi Pemain (NBA) mencapai kesepakatan dengan perjanjian tawar-menawar kolektif baru atau yang disebut Collective Bargaining Agreement (CBA) untuk tujuh tahun ke depan. Kesepakatan ini terjadi pada Sabtu pagi (1/4) waktu Amerika Serikat. Salah satu poin penting yang dibahas adalah terkait batas atas pengeluaran tim NBA.

"NBA dan National Basketball Players Association (NBPA) telah mencapai kesepakatan tentatif tentang CBA yang baru, sambil menunggu persetujuan dari para pemain dan pemilik klub," tulis liga dalam rilis resmi. 

Kesepakatan tentatif, yang dimulai dengan musim 2023-2024, diumumkan oleh liga dan serikat pekerja dan diharapkan akan disahkan oleh gubernur liga dan pemain dalam beberapa minggu mendatang. Komisaris NBA Adam Silver, direktur eksekutif NBPA Tamika Tremaglio dan negosiator di kedua belah pihak, termasuk Dan Rube NBA dan Ron Klempner dari NBPA menuntaskan detail yang tersisa tentang perjanjian tersebut. 

Di antara elemen awal utama dari kesepakatan yang dijelaskan kepada ESPN:

- NBA membatasi kemampuan tim dengan pengeluaran tertinggi, seperti Golden State Warriors dan LA Clippers, untuk terus meningkatkan gaji dan pengeluaran pajak barang mewah sambil tetap mempertahankan mekanisme untuk menambahkan pemain. NBA menerapkan batas pajak barang mewah hingga 17,5 juta dolar. Perubahan itu akan mengurangi batas gaji selama beberapa tahun. Perubahan ini bakal membuat Donte DiVincenzo dari Golden State Warriors, Joe Ingles dari Milwaukee Bucks, Danilo Gallinari dari Boston Celtics, dan mantan guard Clippers John Wall tidak akan bisa bergabung dengan tim-tim yang punya pengeluaran besar. 

- NBA juga menentukan kelayakan untuk penghargaan individu, seperti tim All-NBA dan MVP. Pemain yang masuk dua kategori ini harus tampil minimal 65 pertandingan di musim reguler. 

- Akan ada turnamen di dalam musim reguler. Turnamen tersebut dimasukkan ke dalam jadwal musim reguler mulai bulan Novembe, dengan delapan tim maju ke turnamen eliminasi tunggal pada bulan Desember. Final Four akan diadakan di tempat netral. Setiap pertandingan turnamen dalam musim akan diperhitungkan dalam klasemen musim reguler. Kedua tim finalis pada akhirnya akan memainkan 83 pertandingan musim reguler. Pemain dan pelatih yang menang akan mendapatkan hadiah uang tambahan.

- NBA dan NBPA telah sepakat untuk meningkatkan batas atas perpanjangan kontrak dari peningkatan 120 persen menjadi 140 persen. Dampaknya akan signifikan pada masa depan bintang seperti pemain Boston Celtics Jaylen Brown.

- Ada peningkatan slot kontrak dua arah (two-way contract), dari dua menjadi tiga pemain per tim. Kontrak dua arah dibuat dalam perjanjian kerja bersama 2017 sebagai wahana bagi tim untuk mengembangkan pemain muda. Ini telah dilihat sebagai sebuah kesuksesan, karena menjadi jalan bagi para pemain untuk mendapatkan peluang kontrak jangka panjang di liga.

Komisaris NBA Adam Silver minggu lalu mengatakan dia berharap kesepakatan akan tercapai pada akhir pekan. Pembahasan CBA ini sudah mundur dua kali. Awalnya ditentukan pada 15 Desember 2022, kemudian mundur hingga Februari 2023. Namun akhirnya bisa menemukan kata sepakat pada bulan Maret 2023. (*)

Foto: Front Office Sports

Komentar