IBL

NBA dan para pemainnya telah memilih untuk mengesahkan perjanjian perundingan bersama (CBA) yang baru. Mereka meresmikan kesepakatan secara tentatif disepakati awal bulan ini. Kedua belah pihak mengumumkan kesepakatan mulai berlaku pada bulan Juli 2023, dan berlaku hingga musim 2029-2030. Kedua belah pihak memiliki opsi untuk mengakhirinya setahun lebih awal.

CBA baru mencakup beberapa perubahan besar, termasuk turnamen dalam musim reguler yang aturannya dibuat mirip dengan Commisioner Cup WNBA dengan hadiah 500 ribu dolar Amerika per pemain. CBA baru juga secara resmi menghapus mariyuana (ganja) dari program tes anti-narkoba, meskipun tes ini sebenarnya sudah tidak dilakukan sejak 2019-2020. Seandainya pemain terbukti memakai zat tersebut, tidak ada pemotongan gaji saat mereka diskors dari pertandingan. 

Item yang menjadi prioritas utama NBA adalah kebebasan bagi pemain untuk dapat berinvestasi bersama pemilik tim dalam bisnis lain di luar NBA. Hal ini sebelumnya dibatasi. Aturan tentang itu akan menjadi lebih bebas bagi pemain. NBA juga mempertimbangkan apa yang disebut batas pengeluaran atas untuk mengekang tim yang tidak takut dengan tagihan pajak barang mewah yang besar, seperti Golden State Warriors dan Los Angeles Clippers. Serikat pekerja (NBPA) ingin menambahkan celemek batas gaji hingga 134 persen dari pengeluaran tim. 

Gaji akan naik dan akan terus meningkat, dengan proyeksi untuk pengecualian tingkat menengah mencapai antara 15 juta hingga 18 juta dolar Amerika sebagai titik awal. Jelas ini merupakan kenaikan yang besar, mengingat musim ini pemain tingkat menengah hanya punya gaji 10,49 juta dolar musim ini. Gaji tahunan tertinggi untuk veteran dengan 10 tahun atau lebih, meningkat sampai 60 juta dolar Amerika per tahun. Sehingga tim bisa merekrut pemain veteran lebih banyak dari musim sebelumnya. 

Sebagai gantinya, NBA menetapkan syarat minimum jumlah pertandingan untuk pemain. Dalam CBA yang baru pemain harus tampil dalam 65 pertandingan dan bermain setidaknya 20 menit dalam pertandingan agar memenuhi syarat mendapatkan gaji penuh, serta masuk dalam nominasi penghargaan individu, termasuk MVP. 

Era paling sukses secara finansial dalam sejarah NBA akan terus berlanjut setidaknya selama enam tahun lagi. Di bawah kepemimpinan Komisaris Adam Silver, NBA mendapatkan sekitar 160 juta dolar Amerika dalam pendapatan lisensi tim. Sehingga liga ingin agar membagi keuntungan tersebut dengan pemain. Jelas aturan ini sangat menguntungkan bagi pemain, karena bisa menambah penghasilan mereka. (*)

Foto: The Japan News

Komentar