IBL

Collective Bargaining Agreement (CBA) NBA mendekati kedaluwarsa dan Komisaris NBA Adam Silver baru-baru ini mengisyaratkan bahwa liga dapat memanfaatkan klausul penolakan bersama jika kesepakatan tidak dapat dicapai pada hari Jumat. Menurut Shams Charania, meski mengungkapkan optimisme bahwa kesepakatan dapat diselesaikan Minggu ini. 

Komisaris NBA Adam Silver mengatakan dia berharap dapat mencapai kesepakatan tawar-menawar kolektif baru dengan serikat pemain pada tenggat waktu Jumat (31/3) waktu Amerika Serikat, setelah ada kemajuan dalam pembicaraan yang sedang berlangsung.

"Saya pasti bisa meramalkan satu selesai dan saya harap kami menyelesaikannya," kata Silver Rabu, setelah pertemuan dua hari dengan pemilik klub. "Kami telah membuat kemajuan. Ada banyak masalah di atas meja. Kami semakin dekat. Namun, masih ada celah, antara saya pikir pasti di mana kami merasa perlu untuk menyelesaikan kesepakatan. Diskusi memiliki tenor yang sangat positif, melanjutkan rasa kemitraan yang kuat yang kami miliki dengan para pemain kami dan Asosiasi Pemain (NBPA).

Pembicaraan telah berlangsung selama lebih dari setahun menjelang berakhirnya kontrak saat ini, yang dimulai pada 2017, pada akhir Juni. Sisi masih memiliki waktu tiga bulan untuk mencapai kesepakatan bahkan jika batas waktu hari Jumat berlalu tanpa kesepakatan. Pada tahap ini, Silver mengatakan NBA berencana untuk memilih keluar tanpa kesepakatan Jumat, tetapi masih banyak yang tersisa sebelum hasil itu terjadi.

"Jika kami tidak memiliki kesepakatan pada Jumat malam ini dan tidak ada lagi yang terjadi, ya, itu akan menjadi niat kami untuk memilih keluar dari kesepakatan saat ini," kata Silver. 

Direktur eksekutif Asosiasi Pemain NBA Tamika Tremaglio menanggapi komentar Silver dengan menyatakan batas waktu 31 Maret 2023 adalah batas waktu penting. Jika tidak memiliki kesepakatan dan liga memutuskan untuk memilih keluar, itu akan mengecewakan mengingat kedua belah pihak telah melakukan negosiasi dan sifat adil dari permintaan kami.

"Sejauh menyangkut penggemar kami, itu akan menjadi bisnis seperti biasa. Pertandingan akan terus berlanjut tanpa gangguan. NBPA, bagaimanapun, tidak bermaksud untuk memilih keluar," katanya dikutip dari Sportskeeda.

Tidak jelas apa yang saat ini menghalangi kedua belah pihak untuk mencapai kesepakatan. Meskipun musim 2022-2023 tidak akan terpengaruh, liga yang memilih keluar dari CBA saat ini dapat menyebabkan penguncian jika kedua pihak tidak dapat mencapai kesepakatan baru. (*)

Foto: Bleacher Report

Komentar