IBL

Louisiana State University adalah juara baru NCAA nomor putri, Minggu (2/4), waktu setempat. Permainan sempurna mereka di partai puncak berujung dengan kemenangan 102-85 atas University of Iowa. 

LSU yang dilatih oleh Kim Mulkey ini panas saat menyerang dan sangat solid kala bertahan, utamanya dalam mematikan bintang Iowa, Caitlin Clark. Dalam dua gim sebelumnya, Clark selalu berhasil mencetak setidaknya 40 poin. 

Di gim ini, Clark memang tetap mencetak 30 poin dan memecahkan rekor final NCAA dengan memasukkan 8 tripoin, namun semua tembakannya tidak mudah. Buktinya, ia hanya memiliki akurasi total 41 persen (9/22), terburuk dalam empat gim terakhir. 

(Baca juga: Mengenal Cailtin Clark, Pencetak Tripel-dobel 40+ Poin Pertama di March Madness)

Di lain sisi, LSU punya lima pemain mencetak dua digit poin dan tiga di antaranya 20+ poin. Hari ini, LSU juga memasukkan 11/17 tripoin (64 persen) dengan 9 di antaranya datang pada paruh pertama. 

Garda, Alexis Morris solid melalui 21 poin dan 9 asis. Alexis bisa dibilang jadi kunci LSU yang sempat unggul 21 poin dan terkejar sampai 7 poin bisa menjaga keunggulan. LaDazhia Williams menambahkan 20 poin dan 5 rebound. Dari bangku cadangan, Jasmine Carson menggila dengan 22 poin, di mana 21 di antaranya datang di paruh pertama melalui tripoin sempurna (5/5). 

Terakhir, Angel Reese komplet dengan dobel-dobel 15 poin, 10 rebound, dan 5 asis. Ini adalah dobel-dobel ke-34 Angel sepanjang musim, terbanyak dalam sejarah Divisi 1 NCAA. Angel juga lantas diganjar gelar Most Outstanding Player 2023 NCAA Tournament. 

Ini adalah gelar perdana tim putri LSU sejak berdiri pada 1975. Bagi Mulkey sendiri, ini adalah gelar juara keempat sepanjang kariernya sebagai pelatih. Tiga gelar sebelumnya ia dapatkan bersama Baylor University. (DRMK)

Foto: NCAA

Komentar