IBL

Skema pertukaran pemain (trade) di NBA terkadang membuat salah satu tim rugi. Karena pemain yang ditukar tidak sepadan. Namun sekali lagi, semua tergantung pada kebutuhan dan strategi masing-masing tim. Karena tidak hanya faktor teknis di lapangan, pertukaran pemain juga erat kaitannya dengan anggaran tim. Namun kali ini, ada skenario pertukaran yang bisa dibilang sepadan dan saling menguntungkan, antara Phoenix Suns dan Brooklyn Nets. 

Suns dan Nets bersepakat untuk menukar Kevin Durant dengan Mikal Bridges. Awalnya, ada anggapan kalau Nets bakal mengalami kerugian. Tapi sampai di akhir bulan Maret 2023 ini, justru Bridges mampu menunjukkan kelasnya. Sehingga kedua tim, Suns dan Nets, seperti tidak pernah kehilangan pemain. 

Nets menang besar atas Atlanta Hawks di Barclays Center, dengan skor 124-107, pada hari Sabtu (1/4) waktu Indonesia. Bridges mencetak 42 poin di laga ini. Di lain tempat, Suns menang 100-93 atas Denver Nuggets, dengan Durant menyumbang 30 poin. Sejak berseragam Suns, Durant sudah mencetak memenangkan lima laga, dan belum merasakan kekalahan. 

Sementara itu, StatMuse mencoba menyandingkan kedua pemain. Sejak pindah ke Nets, Mikal Bridges mencetak rata-rata 27,5 poin dan 4,6 rebound per game. Akurasi tembakannya adalah 51/43/91%. Sedangkan Kevin Durant mencetak rata-rata 24,0 poin dan 5,3 rebound, dengan akurasi tembakan 57/53/86%. Bisa disimpulkan kalau pertukaran pemain ini sama sekali tidak berpengaruh pada produktifitas pemain, serta stabilitas klub. 

Nets sekarang berada di peringkat keenam klasemen Wilayah Timur dengan rekor 42-35. Terakhir mereka menang dua laga beruntun. Sedangkan Suns juga punya rekor menang-kalah yang sama yaitu 42-35, dan berada di peringkat keempat Wilayah Barat. Terakhir Suns menang empat laga berturut-turut. (*)

Foto: Winni Peg Free Press

Komentar