IBL

Bulan Ramadhan tak membuat tim nasional (timnas) Indonesia mengendur. Diketahui, baik timnas putra ataupun putri, 3X3 dan 5v5 sedang menggelar pemusatalan latihan jelang menghadapi SEA Games 2023 di Kamboja pada Mei nanti.

Di tengah persiapan ini, muncul pernyataan menarik dari sekretatis jendral (sekjen) PP Perbasi pusat, Nirmala Dewi. Dalam sebuah wawancara, Nirmala ragu bahwa Abraham Damar Grahita, salah satu pilar timnas putra bisa memperkuat tim di SEA Games.

Keraguan Nirmala muncul karena pemain yang akrab disapa Bram tersebut sedang bermain di Liga Jepang (B3), bersama Veltex Shizuoka. Dari keterangan Nirmala, Bram tidak punya klausul untuk bisa kembali ke tim nasional nika dipanggil. "Jadi, Abraham berangkat saja tanpa melihat itu. Padahal, pemain kalau cinta Merah Putih seharusnya memikirkan klausul itu".

Tak berhenti di situ, Nirmala juga membandingkan situasi Bram dengan Brandon Jawato yang berlaga di B1, juga di Jepang. Brandon memiliki klausul pemanggilan timnas yang membuatnya tersedia kapanpun timnas memanggil.

Kami pun melakukan konfirmasi kepada Bram. Pemain berusia 27 tahun ini secara cepat menegaskan bahwa ia mendapatkan lampu hijau untuk kembali membela timnas. Bahkan, Veltex mempersilakan Bram meninggalkan tim lebih dulu meski jadwal satu musim mereka belum selesai.

"Per musim ini, syarat untuk tim B3 naik ke B2 adalah lolos ke final. Musim reguler kami berakhir 9 April, playoff dimulai 21 April. Jika semuanya sesuai target, maka semifinal selesai pada 1 Mei. Sehari setelahnya saya sudah diizinkan bergabung dengan timnas oleh Veltex," terang Bram.

Ya, salah satu alasan utama Veltex merekrut Bram adalah kesungguhan mereka untuk naik kasta dari B3 ke B2. Meski jelas ingin juara, namun jika target dan syarat untuk naik kasta sudah berhasil mereka penuhi, Bram bisa membantu timnas di SEA Games, tanpa perlu berlaga di final.

"Tim di sini cukup komunikatif. Saya dan agen saya, Gabriel Budi Liminto sudah mengimunisasikan hal ini dan direspon dengan baik. Target kami jelas dan mereka pun memahami kebutuhan timnas di SEA Games kali ini. Tanpa perlu diskusi panjang pun, mereka telah memberikan izin kepada saya untuk merapat. Saya juga terus berkomunikasi dengan manajer timnas, Jeremy Immanuel, mengenai hal ini," pungkas Bram.

Veltex kini ada di peringkat tiga kalsemen sementara B3 dengan rekor (39-9). Total ada 16 tim yang bertarung di B3 dan 8 di antaranya akan lolos ke babak playoff yang dikenal juga sebagai Elite-8. Setiap laga playoff akan digelar dengan sistem tiga laga atau best of three. (DRMK)

Foto: Veltex Shizuoka 

Komentar