IBL

Tangerang Hawks kembali membuat kejutan. Setelah mengalahkan Dewa United Banten (13/3), Hawks menekuk RJ Amartha Hangtuah Jakarta 62-53. Pertandingan pada Rabu (15/3) itu menjadi kemenangan kedua beruntun pertama Hawks pada musim ini.

“Ini pertandingan yang cukup menegangkan. Di awal sudah start bagus tetapi agak kesulitan di kuarter kedua. Akhirnya bisa come back di paruh kedua. Intinya dalam gim ini hanya satu hal yaitu defense kami yang luar biasa,” kata Antonius Joko Endratmo, pelatih Hawks.

Secara keseluruhan Hawks mendominasi pertandingan dengan unggul selama 32 menit. Hangtuah hanya sempat mencuri keunggulan di kuarter ketiga dan awal kuarter keempat.

Hawks mengunci momentumnya di kuarter keempat. Pertahanan yang solid mereka hanya bisa membuat Hangtuah mencetak 3 poin di kuarter terakhir. Ini menjadi rekor poin terendah dalam satu kuarter. Memecahkan rekor mereka sendiri saat mencetak 5 poin di kuarter ketiga melawan Bumi Borneo Basketball pada 2 Maret lalu.

Tyron Criswell tampil luar biasa dengan mencetak 23 poin dari 7/11 tembakan. Ia sempurna dalam mengeksekusi 9 tembakan gratis. Criswell dobel-dobel dengan menambah 17 rebound selama 20 menit.

“Defense kami sangat bagus dan membatasi mereka dalam membuat tembakan. Awal gim ini kami berjuang dan mendapat banyak poin melalui second chance point. Saya hanya merasa harus tetap fokus seperti yang kami lakukan pada beberapa pertandingan terakhir,” ujar Criswell.

Sebaliknya Hangtuah menelan dua kekalahan beruntun setelah takluk 69-86 dari Prawira Harum Bandung (11/3) lalu. Hangtuah (7-12) kini masih berupaya mengamankan posisi playoff. Ronnie Boyce III menjadi satu-satunya pemain Hangtuah yang mencetak dua digit angka dengan 15 poin dan 10 rebound.

“Kami kehilangan fokus terutama di kuarter keempat dengan hanya mencetak skor 3-13. Kami tidak bermain dengan baik terutama banyak bermain sendiri-sendiri dan tidak menggunakan permainan tim lagi. Kami juga membuat beberapa kali turnover yang berbuah poin bagi mereka. Itu yang membuat kami kehilangan kesempatan memenangkan pertandingan hari ini,” ungkap pelatih Hangtuah Antonius Ferry Rinaldo. (rag)

Foto: IBL/Hariyanto

Komentar