IBL

Tangerang Hawks Basketball merangkak naik ke posisi sembilan. Kemenangan krusial 87-61 atas RJ Amartha Hangtuah Jakarta memperbesar peluang Hawks untuk merebut sisa tiket playoff. Kemenangan ini juga membuat Hawks menyalip Hangtuah dan Bali United Basketball.

“Apresiasi ke pemain mereka menampilkan pertahanan yang luar biasa dan tampil all out. Memang tidak gampang bermain back to back apalagi gim sebelumnya ketat lawan Bumi Borneo,” kata pelatih Hawks Antonius Joko Endratmo.

Hangtuah sendiri menutup Seri 7 Bandung dengan tiga kekalahan beruntun. Dalam pertandingan di C-Tra Arena pada Kamis (8/6) itu, Hangtuah hanya sempat memberi perlawanan paruh pertama.

Selama kuarter kedua, Hawks tercatat sempat unggul 11 poin (38-27). Hangtuah sempat memangkas jarak menjadi 4 poin. Namun, perlahan Hawks meninggalkan Hangtuah di paruh kedua dengan keunggulan terbesar 26 poin.

Hawks memutus momentum Hangtuah dengan mencetak total 11/28 tripoin. Hawks bermain kolektif dengan lima pemainnya mencetak dobel digit poin. Serta mengonversi 11 turnover Hangtuah menjadi 17 poin.

Tyron Criswell mengoleksi 25 poin, 7 rebound, dan 5 asis. Teddy Apriyana tampil panas dengan 19 poin, 6 rebound, dan 3 steal. Ia mencetak 3 dari 11 tripoin Hawks. Anthony Allen Jr. dobel-dobel dengan 13 poin dan 10 rebound. Danny Ray dan Andrea Vieri masing-masing menyumbang 11 poin.

Dari kubu Hangtuah Ronnie Boyce II menjadi yang tertinggi dengan 17 poin dan 10 rebound. Disusul FIsyaiful Amir dengan 11 poin, 6 rebound, dan 2 steal. Lewis Diankulu memberikan 11 poin dan 5 rebound.

“Gim yang sangat berat bagi kami karena tidak bisa menang. Kami kehilangan momentum di awal. Rotasi tidak berjalan baik. Mencoba mengejar di kuarter ketiga tapi defense zone sangat kurang,” ucap Antonius Ferry Rinaldo, pelatih Hangtuah. (rag)

Foto: Hariyanto

Komentar