IBL

Marcus Stroman mengkritik sikap Nike terhadap kasus yang menimpa Ja Morant baru-baru ini. Pemain Chicago Cubs di Major League Baseball (MLB) itu menyebut ada perbedaan sikap yang diambil produsen sepatu tersebut dengan kasus Kyrie Irving.

“Kyrie memposting tautan tanpa komentar dan mereka mengakhiri kontraknya. Saya selalu tahu Nike adalah sampah. Bersyukur bebas dari perusahaan ini,” tulis Stroman dalam akun Twitternya.

Seperti yang diketahui, Morant mendapat skorsing dua gim setelah memamerkan senjata api di klub malam saat siarang langsung di Instagram pada Jumat (3/3). Beberapa waktu sebelumnya Morant juga dituntut atas pemukulan dan penodongan senjata api kepada remaja laki-laki berusia 17 tahun.

Skorsing itu kemungkinan bisa bertambah. NBA saat ini sedang menyelidiki kasus tersebut. Kemudian Kepolisian Colorado juga melakukan investigasi atas kemungkinan pelanggaran hukum yang dilakukan Morant.

Nike merilis pernyataan pada Minggu (5/3) bahwa mereka memberikan dukungan moral terhadap bintang Memphis Grizzlies itu dan akan mengawasi perilaku Morant di luar lapangan. Dalam arti kontrak Morant dengan Nike tetap aman.

Baca juga: Ja Morant Diskors, Kontrak Nike Tetap Aman

Morant mendapat kontrak dengan Nike sejak 2019 atau menjelang NBA Draft. Ia menjadi pemain ke-23 yang mendapat sepatu khas dari Nike. Sepatu khas Morant yaitu Nike Ja 1 pertama kali dirilis pada Februari lalu.

Sedangkan sikap berbeda dialami oleh Irving. Kontraknya diputus oleh Nike pada Desember 2022. Saat itu Irving masih di Brooklyn Nets. Hal ini bermula saat Irving mengunggah tautan di media sosial yang berisi film anti semit pada awal November 2022. Seperti yang dikatakan oleh Stroman, Irving bahkan tidak menulis kalimat apapun dalam postingannya itu.

 

Kemudian Irving mendapat sanksi bertubi-tubi. Ia dilarang bertanding lima gim serta pemotongan gaji. Sebelum berpisah, Nike menangguhkan kontrak Irving selama sebulan. Mereka juga menarik sepatu khas Irving dari seluruh toko. Nike dan Irving bekerja sama sejak 2014. Setelah kerja sama itu diputus, peluncuran Kyrie 9 dibatalkan.

Irving kemudian berekspresi dengan menulis berbagai pesan di sepatunya usai tidak lagi menjadi duta Nike. Dalam beberapa pertandingan, Irving menulis pesan-pesan seperti “I am Free Thank You God”, “Free All Oppressed People”, “Free All of My People”, “Logo Here”, “Afrakan Liberation”, dan lainnya. (rag)

Foto: TalkBasket, USA Today

Komentar