IBL

Komisaris NBA Adam Silver sedang dalam pembicaraan menarik di media bisnis. Karena menurut Front Office Sports, Silver masuk bursa calon pemimpin Walt Disney Company. Perusahaan tersebut sedang mencari pengganti untuk Chief Executive Officer saat ini, Bob Iger.

Berita tersebut pertama kali dilaporkan oleh Charles Gasparino dari Fox Business Network, dan kemudian dikonfirmasi oleh Doug Greenberg dari Front Office Sports dan Jess Golden dari CNBC. Baik Golden dan Front Office Sports melaporkan bahwa kontrak Silver saat ini untuk memimpin NBA berlangsung hingga 2024. 

Pada 1 Februari 2014, Silver mengambil kendali dari David Stern sebagai komisaris NBA. Dia terpilih dengan suara bulat, dan disetujui oleh pemilik NBA untuk peran tersebut. Silver berhasil membuat dirinya secara umum disukai oleh banyak tokoh di liga. 

Di awal masa jabatannya, Silver berani menghukum pernyataan rasis oleh pemilik Los Angeles Clippers saat itu Donald Sterling dan pindah untuk melarangnya dari NBA seumur hidup serta denda 2,5 juta dolar Amerika, serta memaksanya untuk menjual tim. Silver juga mendapat pujian karena menangani pandemi Covid-19 dengan cepat saat musim 2019-2020 diakhiri dengan bio-secure "NBA Bubble" di Walt Disney World di Orlando, Florida.

Tampaknya Silver masih memiliki penggemar di Orlando. Dia sedang dipertimbangkan untuk posisi CEO di Perusahaan Walt Disney. Silver masuk dalam daftar pilihan Iger, bersama nama-nama besar lainnya dari dalam industri. Termasuk co-founder Candle Media dan co-CEO Kevin Mayer, serta co-chairman Disney, Dana Walden.

Keputusan itu penting karena Disney berjuang di bawah Bob Chapek, penerus pertama Iger, karena perusahaan mereka kehilangan ekspektasi pendapatan pada kuartal keempat tahun 2022, dan meningkatkan kerugian operasionalnya untuk streaming menjadi 1,5 miliar dolar Amerika.

Silver diangkat sebagai komisaris kelima dalam sejarah NBA. Beliau menjabat beberapa posisi sebelum pengangkatannya, termasuk sebagai Chief Operating Officer dan Deputy Commissioner. Dia dilaporkan dibayar 10 juta dolar per tahun, sementara kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai 40 juta dolar Amerika. (*)

Foto: Disney Parks

Komentar