IBL

Kualifikasi FIBA World Cup 2023 sebanyak 6 window telah selesai. Ada lima tim dari 16 tim yang lolos dari African Qualifiers. Mereka adalah Mesir, Angola, Cape Verde, Pantai Gading, dan Sudan Selatan.

Cape Verde juga mencatat sejarah dengan penampilan pertamanya di FIBA World Cup. Selain itu ada Georgia dan Latvia yang menjalani debut di event ini. Afrika menjadi menjadi satu-satunya wilayah yang memiliki rata-rata poin kurang dari 150 poin selama FIBA World Cup 2023 Qualifiers ini.

Sudan Selatan mencetak rata-rata terbanyak dalam African Qualifiers ini. Mereka memiliki 78,6 poin pr gim. Sudan Selatan juga menjadi tim yang memenangkan empat gim meski selalu tertinggal di paruh pertama. Nuni Omot membuat rekor di African Qualifiers dengan 64 tembakan bebas.

Angola mencatat penampilan kesembilan di FIBA World Cup. Rata-rata mereka hanya kebobolan 60,5 poin per gim selama African Qualifiers. Serta menjadi rata-rata terendah kedua setelah Australia (57,9 poin)

Mereka juga meraih rebound terbanyak dalam satu gim selama FIBA World Cup 2023 Qualifiers. Dalam gim melawan Uganda (Februari 2023), Angola mencetak 63 rebound dengan rincian 34 offensive rebound. Angola juga tim pertama yang membuat 20+ steal per gim dengan 21 steal saat melawan Republik Afrika Tengah.

Guinea dan Panama menjadi tim yang tidak pernah mencetak lebih dari 10 tripoin dalam 12 gim di FIBA World Cup 2023 Qualifiers. Sebaliknya Angola merupakan tim yang tidak pernah kebobolan lebih dari 10 tripoin dalam 12 gim.

Childe Dundao (Sudan Selatan) menjadi pemain terbanyak yang melakukan steal di African Qualifiers dengan 6+ steal. Youssou Ndoye (Senegal) mencetak 20 rebound saat melawan Mesir (Februari 2022) dan menjadi rebound terbanyak dalam satu gim di African Qualifiers.

Poin terbanyak per gim dicetak oleh Amr Abdelhalim. Ia menyumbang 42 poin untuk Mesir saat melawan Sudan Selatan. Sedangkan Walter Tavares membuat 12+ rebound untuk Cape Verde dalam lima gim yang berbeda. Ia juga memiliki akurasi terbaik dengan 41/56 (FG 73 persen) dari 309 pemain yang mencetak 50+ poin. (rag)

Foto: FIBA

Komentar