IBL

RANS PIK Basketball bermain ngotot di gim pembuka mereka di Seri 4 Solo, Minggu (26/2). Berhadapan dengan Elang Pacific Caesar Surabaya, sempat tertinggal 17 poin, RANS PIK bangkit dan menang 68-64. 

Kuarter empat benar-benar jadi penentu kemenangan RANS PIK. Keberhasilan mereka menahan Morakinyo Williams hanya 1/9 (11 persen) di kuarter empat jadi kunci mandeknya poin-poin Pacific. 

Seperti laga-laga sebelumnya, RANS PIK memiliki sebaran poin yang merata. Ada 11 pemain yang dimainkan Bambang Asdianto Pribadi dan 10 di antaranya mencetak poin. 

"Ini sebuah kemenangan yang penting untuk mentalitas kami. Sempat tertinggal 17 poin, nyaris tertinggal sepanjang laga, tapi anak-anak menunjukkan semangat pantang menyerah yang bagus," tutur Bambang Asdianto Pribadi, usai gim. 

"Kita semua sudah paham bagaimana kapasitas Morakinyo Williams untuk Pacific. Kami coba batasi supaya ia tidak melebihi catatan rataan poinnya. Kredit untuk para pemain saya menjalankan strategi dengan disiplin," tambahnya.

Duom Dawam kembali dobel-dobel 14 poin, 23 rebound, 5 steal, dan 3 blok. Valentino Wuwungan yang absen di Seri Surabaya langsung memberi sumbangsih besar dengan 11 poin dan 5 rebound. Agus Salim menambahkan 10 poin plus 7 rebound. 

Morakinyo Williams bermain 33 menit dan mencetak dobel-dobel 22 poin dan 18 rebound. Gregorio Claudie Wibowo membantu dengan 19 poin plus 6 rebound. 

"Ini memang permasalahan kami yang selalu kesulitan untuk menutup gim ataupun menjaga keunggulan yang sudah kami buat," buka Sung Jaesik, kepala pelatih Pacific. "Kami terbatas untuk rotasi pemain, jadi saat ada yang bermasalah di lapangan, masalah kami ya semakin banyak. 

"Mengenai saat Kinyo dihentikan, jika pemain asing saya satunya tidak malas, ya pasti saya mainkan. Jika ia mau kerja keras, pasti saya mainkan. Dari lokal, seperti yang saya bilang, kami tidak punya pemain yang berpengalaman. Aven Ryan Pratama hari ini hilang fokus sejak awal, ya semakin sulit kami. Tapi kami akan coba terus berbenah, termasuk saya," pungkasnya. 

Rekor menang-kalah RANS PIK sekarang adalah (8-3), sementara Pacific (2-10). (DRMK)

Foto: Ariya Kurniawan 

Komentar