IBL

Sebanyak enam atlet memperebutkan gelar Laureus Sportsman of the Year 2023. Nominasi itu diumumkan pada Senin (20/2). Stephen Curry menjadi salah satu dari empat pebasket yang pernah dinominasikan dalam penghargaan itu. Ini menjadi ketiga kalinya bintang Golden State Warriors masuk nominasi.

Pada tahun ini Curry bersaing dengan Kylian Mbappe (sepakbola), Mondo Duplantis (atletik), Lionel Messi (sepakbola), Max Verstappen (F1), dan Rafael Nadal (tenis). Ketiga nama terakhir pernah dinobatkan sebagai olahragawan terbaik. Tahun lalu Verstappen memenangkan Laureus Awards.

Dilansir melalui laman resmi Laureus, Curry masuk nominasi setelah memimpin Warriors memenangkan gelar keempat dalam delapan tahun terakhir. Sebelumnya Curry masuk nominasi yang sama pada 2016 dan 2017.

Sejak diadakan pada 2000 silam, hanya ada empat pebasket yang pernah masuk nominasi. Selain Curry, ada LeBron James (2014, 2017, 2019, 2021), Kobe Bryant (2011), dan Dirk Nowitzki. Namun, belum pernah ada yang menang. Bahkan ketika LeBron dan Curry sama-sama masuk nominasi pada 2017, gelar itu dimenangkan oleh Usain Bolt.

Pada Laureus Sportsman of the Year 2023 ini, saingan Curry cukup berat. Ada Messi yang resmi menyandang status Greatest of All Time (GOAT) setelah membawa Argentina menjuarai Piala Dunia 2022. Mbappe mencetak hat trick dan memperoleh Golden Shoes sebagai top skor Piala Dunia.

Kemudian ada Nadal menutup 2022 dengan gelar grand slam terbanyak sepanjang masa dengan 22 kemenangan. Lalu Verstappen sebagai juara bertahan F1. Ditambah Duplantis yang memecahkan rekor dunia lompat galah tiga kali.

Selain itu, Warriors masuk nominasi sebagai Team of the Year. Mereka pernah masuk nominasi tersebut itu pada 2016, 2018, dan 2019. Kali ini Warriors bersaing dengan Timnas Putra Argentina (sepakbola), Timnas Putri Inggris (sepakbola), Timnas Rugby Putra Prancis, Oracle Red Bull Racing, dan Real Madrid FC.

Warriors juga mengirim Klay Thompson pada nominasi Comeback of the Year. Thompson melewatkan dua musim karena cedera. Kemudian kembali pulih dan tampil luar biasa selama musim 2021-2022 hingga memenangkan gelar NBA keempatnya dengan Warriors.

Para pemenang akan dipilih oleh Laureus Academy yang terdiri dari 71 legenda olahraga yang sudah pensiun. Laureus World Sports Awards 2023 akan diselenggarakan pada musim semi mendatang. (rag)

Foto: Laureus, Sky Sports

Komentar