IBL

Diana Taurasi berpeluang bermain hingga musim ke-20 di WNBA. Pada Sabtu (18/2) waktu setempat, Phoenix Mercury mengumumkan memperpanjang kontrak dua tahun dengan Taurasi. Menurut Her Hoop Stats, kontrak tersebut bernilai AS$469 ribu.

WNBA 2023 ini akan menjadi musim ke-19 bagi Taurasi. Mercury juga menjadi satu-satunya tim yang diperkuat Taurasi sejak menjadi pilihan pertama WNBA Draft 2004 lalu. Bersama Mercury, mereka telah memenangkan gelar tiga kali pada 2007, 2009, dan 2014.

“Diana Taurasi masuk berseragam Mercury dan kami berterima kasih atas kepercayaan yang ia tunjukkan pada organisasi kami dari tahun ke tahun,” kata manajer umum Phoenix Mercury Jim Pitman.

Dalam pernyataan tersebut, Pitman juga memuji cara Taurasi menjaga performanya meski sudah berusia 40 tahun. “Caranya menjaga tubuhnya, betapa dia sangat ingin menang, dan kepeduliannya pada waralaba ini, hanyalah beberapa hal membuatnya menjadi terhebat,” lanjutnya.

Taurasi memiliki rata-rata 16,7 poin, 3,8 asis, dan 3,4 rebound per gim selama WNBA 2022. Lulusan University of Connecticut itu juga membuat 92 tripoin yang menjadi kedua terbanyak di liga. Taurasi juga menjadi pencetak skor terbanyak WNBA dengan 9693 poin.

Seiring dengan perpanjangan kontrak Taurasi, Mercury juga mendapatkan amunisi tambahan dari Brittney Griner. Ia absen pada WNBA 2022 karena ditahan 10 bulan di Rusia atas kepemilikan minyak ganja.

Griner mendapat vonis sembilan tahun penjara oleh pengadilan Rusia. Kemudian dibebaskan dengan skema pertukaran tahanan dengan narapidana Rusia yang ditahan di AS. Setelah kembali ke AS, Griner menyatakan dia akan bermain di WNBA 2023. Pada Sabtu (18/2) itu, Griner memperpanjang kontrak satu tahun dengan Mercury.

Mercury menyelesaikan WNBA 2022 dengan menempati posisi kedelapan klasmen akhir. Mereka memiliki rekor 15-21. Mercury langsung tumbang di babak pertama playoff setelah kalah 0-2 dari Las Vegas Aces. (rag)

Foto: WNBA

Komentar