IBL

Seminggu setelah tenggat waktu perpindahan atau pertukaran para pemain NBA (Trade Deadline) yang mengubah peta kekuatan tim, bintang-bintang NBA berkumpul di Vivint Arena, Salt Lake City, Utah untuk berpesta di NBA All-Star Game, Minggu 19 Februari (Senin waktu Indonesia). Gim atau pertandingan antarpara bintang NBA. Setelah berhasil mendominasi pada lima gelaran All-Star sebelumnya, Team LeBron akhirnya bisa dikalahkan Team Giannis. Giannis dan kawan-kawannya menang dengan skor 184-175.



Walaupun hawa di luar Vivint Arena ada di bawah nol derajat celcius, para fan datang sejak awal bahkan sebelum gelaran ini resmi dimulai. Mereka seolah tidak mau melewati keseruan All-Star kali ini. NBA membuat inovasi baru. Para kapten melakukan pemilihan atau draft para pemainnya satu jam sebelum pertandingan. Salah satu keriuhan terjadi saat LeBron James memilih mantan rekan setimnya Kyrie Irving. Para penonton langsung begemuruh.

Bintang dari semua bintang adalah Jayson Tatum. Andalan Boston Celtics ini berhasil memecahkan rekor pencetak angka terbanyak di gim All Star. Jayson Tatum mencetak 55 poin, termasuk di antaranya 10 tembakan tripoin. Raihan ini langsung membuatnya menyabet penghargaan KIA Kobe Bryant Most Valuable Player. Tatum memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Anthony Davis yang mencetak 52 poin di All-Star 2017.



Selain Tatum, mantan pemain kebanggaan kota Salt Lake City Donovan Mitchell juga tampil memukau dengan 40 poin. Mitchell terlihat beberapa kali juga ingin memenangkan trofi MVP setelah mencoba bergantian mencetak poin dengan Tatum di babak kedua.

Damian Lillard menyumbangkan 26 poin untuk Team Giannis. Lillard sempat membuat para fan terkejut setelah melempar tembakan tiga angka dari sebelum garis tengah lapangan. Lillard menjadi penentu kemenangan Tim Giannis setelah mencetak tripoin menutup target 182 poin.

Salah satu hal yang menjadi pembeda di gim All Star kali ini adalah jumlah tripoin. Tim Giannis berhasil memasukkan 29 tripoin sedangkan Tim LeBron hanya 17 kali.



Momen menarik lainnya terjadi saat dua pemain Celtics Tatum dan Jaylen Brown berduel. Mereka saling bergantian menjaga dan mencetak poin. Tak jarang sesekali muncul saling ejek 9trash talk) di antara mereka berdua.

Brown berhasil menjadi pencetak angka terbanyak di Tim LeBron dengan 35 poin. Joel Embiid dan Kyrie Irving masing-masing mencetak 32 poin.

Sayangnya, Giannis Antetokounmpo hanya bermain 20 detik dan langsung ditarik keluar karena masih mengalami cedera pergelangan tangan. LeBron James pun tadi tidak bermain di babak kedua setelah jari kelingkingnya tersangkut di ring.



Pada jeda antarbabak, NBA memberikan seremoni spesial untuk LeBron James yang berhasil memecahkan rekor poin terbanyak NBA. Momen yang sangat bersejarah karena NBA menyatukan tiga pencetak angka terbanyak sepanjang sejarah. LeBron, Kareem Abdul-Jabbar dan Karl Malone. Sebuah penghormatan kepada LeBron yang memecahkan rekor ini setelah 38 tahun dipegang oleh Kareem.(*)

Foto: Rocky Padila

Komentar