IBL

Untuk pertama kalinya Bronny James akan bergabung dengan Tim Nasional (Timnas) Junior Amerika Serikat. Putra sulung LeBron James itu masuk dalam roster Timnas Junior AS untuk Nike Hoop Summit 2023. Nike Hoop Summit tahun ini akan diadakan pada 8 April mendatang di Portland, Oregon.

Nike Hoop Summit merupakan showcase untuk pemain terbaik di SMA di seluruh AS melawan “Tim Dunia” U-19. Tim-tim internasional akan dipilih dalam beberapa minggu mendatang. Mereka merupakan pemain top U-19 dari berbagai organisasi FIBA di seluruh dunia.

Pada edisi Nike Hoop Summit ke-24 ini menjadi pertama kalinya timnas putra dan putri junior AS berada pada event yang sama. Pada Selasa (14/2) waktu setempat USA Basketball mengumumkan 26 daftar pemain yang terdiri dari 13 pemain putra dan 13 pemain putri untuk mengikuti Nike Hoop Summit.

“Secara keseluruhan, atlet putra dan putri yang masuk daftar nama timnas AS memiliki gabungan 26 medali emas dari berbagai kompetisi timnas junior,” tulis keterangan resmi USA Basketball.

Dari 26 pemain itu, Bronny menjadi satu-satunya pemain yang belum bergabung dengan universitas. Siswa Sierra Canyon High School, California itu mendapat peringkat sebagai rekrutan terbaik ke-28 2023 menurut ESPN. Bronny memang belum menentukan rencana kuliahnya. Tetapi ia sedang direkrut oleh Oregon, Ohio State, USC, dan universitas lainnya.

Pada 24 Januari lalu pemuda bernama lengkap LeBron Raymone James Jr. itu juga masuk dalam McDonald’s All-American. Pertandingan all-star untuk tingkat SMA itu akan diadakan pada 28 Maret mendatang di Houston, Texas.

Nike Hoop Summit ini dimulai sejak 1995 lalu. Selama 28 tahun, sebanyak 253 pemain junior telah direkrut oleh NBA. Beberapa alumni yang pernah mengikuti showcase ini adalah Kevin Garnett, Dirk Nowitzki, Tony Parker, Shane Battier, Kevin Durant, Kevin Love, Jayson Tatum, Jaylen Brown, Bradley Beal, dan Tyler Herro. (rag)

Foto: USA Basketball, Daily Mail

Komentar